Club Cooee

Kamis, 29 September 2011

Seputar Game Online

Berbeda dengan permainan game multiplayer versi lama yang mengharuskan teman atau lawan benar-benar ada jaringan yang sama atau duduk di sebelahmu. Game online lebih fleksibel. Kamu bisa bermain dengan siapa pun di belahan benua lain dengan satu syarat, kalian sama- sama online. Melalui cara ini, Kamu memiliki peluang lebih besar untuk berkenalan dengan teman-teman baru yang memiliki minat sama. Bahkan tak jarang ketika Kamu harus berhadapan dengan pemain dari negara lain, Kamu bisa memanfaatkannya untuk berlatih bahasa asing. Melalui fasilitas perekrutan yang ditawarkan di setiap game online, Kamu juga bisa menjalin keakraban dengan teman-temanrnu.

Seiring mewabahnya demam online, para vendor game mulai mengembangkan teknologi permainannya. Piranti game yang semula berbasis personal computer dan televisi yang dimainkan sendiri atau secara bersamaan menggunakan sistem jaringan, kini bisa dinikmati oleh jutaan pemain di seluruh penjuru dunia yang terhubung secara online.

Terhitung sejak bulan Januari 1997, game online pertama yang mampu menggebrak pasaran adalah Ultima Online, kemudian diikuti oleh EverQuest, Asheron’s Call, dan game-game lain yang juga ingin meraih kesuksesan.

Maraknya game online ini membuat persaingan yang semakin gencar. Mereka yang tidak bisa mempertahankan pelanggan pun mengalami kebangkrutan. Tahun 2002 sampai 2004, game online hampir lenyap di pasaran.

Pasar game online mulai naik kembali pada tahun 2005 ketika World of Warcraft muncul dan mampu memegang rekor tertinggi untuk jumlah pemain di dunia, yaitu sekitar 1,5 hingga 2 milyar pemain. Fasilitas yang ditawarkan oleh World of Worcraft seperti variasi permainan, kemudahan bermain, serta level yang bisa terus meningkat mempengaruhi munculnya game online lain yang serupa.

Masuknya situs-situs pertemanan pada tahun 2007 sempat menggoyahkan keberadaan game online. Namun hal ini justru diantisipasi oleh para developer game online. Fasilitas game online yang tadinya independen, kini telah diperbarui menjadi aplikasi dan diintegrasikan ke berbagai sinus pertemanan di seluruh dunia, seperti MySpace, Friendster, Hi5, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Bahkan Facebook yang saat ini sedang digandrungi sebagai ajang gaul memiliki lebih dari 50 aplikasi game yang bisa dinikmati.

Salah satu pengembang game online yang saat ini tengah merajai situs-situs pertemanan di dunia adalah Zynga. Melalui game Texas Holden Poker, Mafia Wars dan game lainnya yang diintegrasikan keberbagai situs pertemanan, seluruh pemain di berbagai belahan dunia dapat berinteraksi ketika bermain. Dari minat yang sama ini setiap pemain bisa saling berkomunikasi dan menjalin keakraban tanpa dibatasi ras, jenis kelamin, bahkan usia.

Bermain Game sambil Gaul Online
Game online yang terintegrasi di tiga jejaring sosial, yaitu Facebook, Myspace, dan Twitter. Game-game online tersebut bisa Kamu akses dengan mudah kejejaring-jejaring sosial ini. Meskipun aksesnya berbeda namun isi dan cara bermain di setiap game yang ada di jejaring tersebut tetaplah sama.

Sebagai contoh jika Kamu ingin bermain Texas Holdern Poker dari Zynga di Facebook, Kamu harus melalui Application > Browse Application. Namun jika Kamu ingin mainkan permainan ini di Myspace, Kamu bisa mengaksesnya melalui fasilitas menu Games.

Ketika bermain game di situs-situs pertemanan ini, Kamu juga bisa berinteraksi dengan teman-teman melalui fasilitas pengiriman hadiah, chatting, dan perekrutan yang disediakan. Dengan diintegrasikannya game-game ke situs pertemanan, tentu membuat setiap pemain tidak hanya bisa bermain game, namun juga bisa bergaul dengan pemain lain sekaligus teman-teman yang mereka miliki di situs-situs pertemanan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget