Club Cooee

Selasa, 27 September 2011

Mengenal Alat Input Langsung (Online Input Device)

Alat input ini langsung dihubungkan dengan CPU. Berikut ini alat-alat yang termasuk alat input langsung.

1. Keyboard.
yaitu alat untuk memasukkan, menambah, mengubah, dan menghapus data atau program dari suatu sistem komputer melalui pengetikan.

Secara sepintas, bentuknya serupa dengan mesin ketik biasa. Di samping itu, ada pula keyboard yang bentuknya gabungan antara mesin ketik dengan mesin hitung, seperti komputer notebook.

Berdasarkan isinya, keyboard terdiri dari:
• Huruf-huruf A sampai dengan Z
• Angka-angka 0 sampai dengan 9
• Spesial karakter seperti * & ? < @ ! % $ #
• Tombol fungsi key seperti NumLock, Capslock, F1

Berdasarkan jenisnya, keyboard terdiri dari:
• Keyboard dengan penghubung kabel
• Keyboard tanpa penghubung kabel (nirkabel) atau disebut juga keyboard bluetooth

Perusahaan yang memproduksi keyboard bluetooth (nirkable) di antaranya, yaitu merek Logitech Cordless Optical. Keyboardnya menggunakan 4 buah baterai khusus ukuran AA. Terdapat alat receiver untuk dipasang pada port USB atau port PS2, digunakan untuk menerima gelombang radio yang dipancarkan oleh keyboard sejauh tiga meter dari receiver.

Selain itu, terdapat merek keyboard Logitech DiNovo. dengan teknologi nirkabel bluetooth sehingga dapat mengakses data sekitar 10 meter dari receivernya. Di samping itu, bisa melepas bagian numeric keypad untuk remote control yang digunakan untuk mengontrol aplikasi musik, serta mempunyai alat adapter bluetooth yang dapat mengirim pesan
instan melalui ponsel.

Perusahaan lainnya yang memproduksi keyboard nirkabel adalah Microsoft. Kemampuan receiver pada jarak dua meter akan memberikan kenyamanan menggunakannya. Di samping itu, mempunyai tombol scroll untuk memudahkan pergerakan, seperti fungsi mouse.

Keyboard lainnya dari perusahaan Cherry CyMotion. Dapat digunakan pada jarak sekitar dua meter. Selain itu, mempunyai tenaga baterai sebagai tenaga cadanga.n karena keyboard ini menggunakan tenaga matahari untuk daya utama dalam operasinya.

2. MOUSE
Mouse merupakan alat bantu kerja keyboard dalam memasukkan, menambah, mengubah, dan menghapus data atau program komputer. Tampilannya di layar berupa tanda panah (pointer).
Mouse terdiri dari:
• Tombol sebelah kanan untuk penggunaan short cut
• Tombol sebelah kiri untuk penggunaan umum
• Scrolling mouse digunakan untuk pointer

Berdasarkan cara kerjanya, terdiri dari:
• Klick (menekan tombol mouse satu kali)
• Double klick (menekan tombol mouse dua kali)
• Drag and drop (menekan tombol mouse tanpa melepasnya, sambil menggeser mouse ke tempat yang dituju atau di- block)

Berdasarkan jenisnya, mouse terdiri dari:
a. Mouse dengan penghubung kabel
Merupakan mouse dengan bentuk standar dan umum digunakan pada setiap komputer. Pada ujung kabelnya terdapat head kabel, dengan jumlah penyemat 9 pin untuk dihubungkan ke connector mouse port yang ada di komputer.
b. Mouse dengan penghubung kabel dan stick
Yaitu suatu mouse optical tracking yang canggih. Teknologinya dirancang sedemikian rupa sehingga meningkatkan kenyamanan kerja.

Diproduksi oleh 3M Renaissance Mouse. Mouse dengan bentuk menyerupai joystick ini dirancang oleh seorang insinyur perancang mekanik “Stuart Johnson” dari perusahaan Druck Ltd.

Mouse Optical tracking mempunyai kelebihan sebagai berikut.
• Mudah digunakan dan mengurangi efek rasa sakit
• Penggunaan dengan posisi tangan secara santai
• Mengurangi beban pergelangan tangan
• Penentuan objek lebih akurat
• Dapat dioperasikan pada sembarang permukaan
• Bebas dari segala resiko debu atau kotoran
Mouse ini telah dilengkapi dengan software pendukung untuk memodifikasi konfigurasi dan mempercepat kerja mouse.

c. Mouse tanpa penghubung kabel (nirkabel)
Berdasarkan kriteria penggunaannya, terdapat tiga bagian penting yang diperlukan sebuah mouse.
• Desain yang ergonomis
• Konektivitas tanpa kabel (nirkabel) atau bluetooth
• Bersifat optical tracking

Mouse nirkabel atau disebut juga dengan bluetooth, yaitu mouse yang bekerja tanpa menggunakan kabel, melainkan dengan gelombang radio (wireless) yang dapat digerakkan dengan bebas. Jarak yang diakses mouse ini sekitar 1 meter dari komputer, dengan gerakan tangan secara alami.

Namun, dengan mouse ini pengguna dapat merasakan mouse seperti tetap berada di atas permukaan datar. Mouse ini dapat mendeteksi gerakan tangan pengguna, baik di udara maupun di atas permukaan meja.

Uniknya, terdapat receiver yang juga berfungsi sebagai USB drive. Jadi, hanya dengan menancapkan ke port USB maka mouse akan aktif dan sekaligus bisa digunakan untuk menyimpan data.

Jika ingin menonaktifkan kerja mouse, cukup melepas alat receiver yang berbentuk huruf dari port USB. Selanjutnya, masukkan ke dalam mouse maka secara otomatis gadge ini akan mati atau kondisi off dengan sendirinya.

Baterainya bisa diisi ulang atau recharge selama delapan jam terlebih dahulu sebelum pemakaian agar dapat bekerja dengan baik dan optimal.

Penggunaan mouse ini terasa nyaman dengan adanya teknologi gyroscope dua kutub yang disebut Mycro Gyro 100 atau MG 100. Teknologi ini dapat mendeteksi gerakan dalam tiga dimensi. Gerakannya mengacu pada fenomena alam yang dinyatakan dengan gaya coriolis, yaitu gaya angin yang bergerak mengikuti tekanan gaya garis lurus.

Pada saat ini, telah banyak dipasarkan jenis-jenis mouse dengan sistem bluetooth yang menggunakan dua baterai AA.

Bentuk disain nirkabel bermacam-macam, tergantung perusahaan yang memproduksinya. Perusahaan yang memproduksi mouse di antaranya Gyration Ultra,Logitech, Kensington, Packard Bell, dan Microsoft.

3. SCANNER
Scanner merupakan alat bantu kerja komputer dalam memasukkan data, khususnya berupa aplikasi gambar (grafis). Scanner bekerja secara elektronik dengan mendeteksi objek sebagai input yang akan dibaca. Selanjutnya, hasil informasi dikirim ke komputer dan ditampilkan pada monitor.

Pada perkembangan evolusi komputer, scanner telah mengalami modifikasi penggunaan dan komponennya. Misalnya, tidak harus digunakan untuk tampilan grafis atau objek saja, tetapi telah digunakan sebagai multiuser, yaitu dapat digunakan untuk scan, copy, e-mail, dan OCR dengan bantuan beberapa tombol. Di samping itu, interfacenya dapat menggunakan USB, Firewire, dan SCSI.

Berikut ini peralatan input lain yang mendukung kerja komputer.
• Joystick, yang dapat menggerakkan suatu objek tertentu di dalam layar monitor, umumnya untuk game.
• Microphone, yang digunakan untuk menangkap suara. Dalam hal ini, input suara yang diucapkan akan diubah ke bentuk digital.
• Sensor, digunakan untuk mengambil objek dalam kejadian fisik secara langsung. Alat sensor bekerja dengan mengumpulkan data analog dan dimasukkan ke alai pengubah analog (converter) ke data digital.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget