Club Cooee

Selasa, 20 September 2011

Mulut Berbau

Masalah bau mulut adalah masalah yang cukup serius bagi sebagian orang yang aroma mulutnya sangat tajam dan menusuk hidung orang-orang di sekitarnya. Orang yang puasa biasanya mulutnya berbau tidak enak, namun hal ini wajar-wajar saja. Lain halnya jika bau mulut terjadi secara permanen tentu akan memberikan dampak atau citra yang negatif.

Bau mulut yang berkepanjangan dapat mengakibatkan seseorang jadi tidak percaya diri dan bisa menjadi pertanda suatu penyakit seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, liver, gangguan pada pencernaan, dan lain sebagainya. Di samping itu, bau mulut juga dapat ditimbulkan dari adanya lubang pada gigi, sisa makanan di dalam mulut, karang gigi/karies, dan lain sebagainya.

Tanda-tanda terjadinya bau mulut biasanya akibat terganggunya keseimbangan asam mulut seperti air liur kental, mulut kering, dan rasa tidak nyaman bicara. Selain itu, lawan bicara akan terlihat gelisah dan mengambil jarak dalam berbicara. Bisa juga seseorang akan komplain atas bau tidak enak yang tercium dan berasal dari mulut kita.

Anda tentu tak mau bau mulut menghinggapi. Cara mencegahnya yakni peliharalah kesehatan mulut dan gigi secara teratur. Usahakan setiap selesai makan atau bangun tidur selalu menyikat gigi.

Anda juga dapat menghilangkan bau mulut saat berbicara atau membuka mulut (menarik nafas) dengan cara yang mudah. Ambillah 1 sdm biji ketumbar lalu rebus dengan air secukupnya dan minum airnya.

Selain itu dapat juga menggunakan air rebusan rimpang Iengkuas dan daun sirih untuk diminum dan dikumur. Lakukan secara teratur, maka Anda akan terbebas dari bau mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget