Club Cooee

Rabu, 28 September 2011

Butuh Modal Dalam Berbisnis Internet

Bila Anda berpikir bahwa bisnis internet bisa dijalani tanpa modal, maka Anda termasuk segelintir orang dengan pikiran sesat. Tidak ada yang gratis di internet, bahkan untuk mengunduh sebuah program gratis dari internet pun Anda perlu mengeluarkan uang, setidaknya untuk membayar akses internet.

Modal yang Anda perlukan untuk masuk ke dalam bisnis internet. Tentu saja tidak semua program peraup uang di internet membutuhkan seluruh modal ini. Beberapa diantaranya malah hanya menuntut Anda untuk sekadar punya modal waktu, dan sedikit kerelaan melepas selembar uang untuk membayar warnet

1. Niat Baik
Niat baik mutlak Anda miliki saat masuk ke gerbang bisnis internet. Niat untuk menjadi kaya adalah niat baik. Niat untuk membelikan kado di hari ulang tahun si kecil menggunakan gaji dari Google Adsense adalah niat yang lebih baik lagi. Anda memang saya jamin bisa meraup uang lewat sederet situs, tapi tanpa niat baik, yang terjadi hanyalah easy come easy y go, cepat dapat tapi juga cepat sirna.

Niat baik bisa Anda wujudkan dengan berlaku jujur. Bila Google Adsense melarang Anda untuk mengklik iklan yang tertayang di blog Anda, ya jangan Anda langgar aturan itu. Demikian pula dengan pemakaian materi atau konten porno. Jujur saja, tulisan, gambar maupun video yang jorok akan mendatangkan banyak pengunjung di situs atau blog Anda. Bisa jadi juga dari sekian ribu pengunjung blog jorok Anda akan banyak yang mengklik deretan iklan berbayar di situs Anda tersebut. Ujung-ujungnya ratusan dollar akan menumpuk di rekening Anda setiap bulannya. Tapi apakah yang seperti ini akan menjadi dollar yang diridhoi?

Jadi, balik lagi ke niat baik. Niat baik untuk meraup duit dari internet marilah kita tekuni dengan langkah dan strategi yang baik pula. Amin, saudaraku?

2. Waktu
Anda tidak harus nongkrong di depan internet sejak bangun tidur hingga bangun tidur lagi. Sisihkan sebagian waktu Anda secara konsisten. Dua-tiga jam per hari saja sudah cukup untuk menekuni bisnis internet. Lakukan secara periodik serta disiplin. Dan.. yang pasti jauhi segala macam godaan yang datang baik dari dalam internet maupun dari luar internet. Godaan dari luar internet bisa berupa keasyikan menonton tayangan infotainment di televisi. Godaan yang datang dari dalam internet (dan ini paling luar biasa menggodanya) adalah chatting dan main facebook-an! Saran saya, saat Anda sudah masuk ke menit pertama dari dua jam sehari yang Anda jadualkan, segeralah tutup halaman Facebook Anda. Offline kan juga status chatting Anda.

3. Komputer
Komputer mutlak buat Anda yang mau serius di jalur ini. Tentu saja memanfaatkan komputer di rental-rental yang tersebar di sepanjang gang tidak dilarang. Tapi sungguh, saya merekomendasikan Anda untuk memiliki komputer pribadi. Ada resiko yang musti Anda tanggung bila menggunakan komputer secara berjamaah. Selain Anda tidak leluasa menyimpan data, Anda pun bisa tertular virus yang menjalar dari komputer yang dipakai ramai-ramai.

Tanpa komputer pribadi, seluruh data yang Anda keluar masukkan ke dalam internet musti melewati media penyimpanan seperti flash disk. Bayangkan betapa repotnya anda dalam mengelola sekian banyak data dan informasi yang datang beruntun bila Anda masih mengandalkan flash disk sebagai “dompet data” Anda!

4. Akses internet
Beberapa program bisnis internet bisa Anda jalankan dari war net, misalnya program-program klik dapat duit atau pun program baca email dapat duit. Internet memang sudah semakin murah dan semakin banyak pilihan. Mau ke warnet? Silakan. Mau browsing dari ponsel Anda? Bisa juga. Satu hal yang ingin saya katakan, memiliki akses internet sendiri di rumah adalah sebuah langkah yang jauh lebih praktis dan berhasil guna dibandingkan Anda wira-wiri ke warnet. Bukankah di luar sana banyak tawaran internet murah dijajakan? Dengan merelakan 100 ribu rupiah setiap bulan, Anda bisa sesukanva menyambangi deretan situs yang nanti saya tunjukkan. Seratus ribu rupiah adalah jumlah yang enteng untuk Anda raup lewat beragam mesin uang di internet. Bayangkan, satu job paid review yang biasa saya dapatkan, selalu memberi upah US$ 10 setiap hari. Jadi akses internet sebulan sudah tertutup dengan satu usaha kecil yang bisa diselesaikan dalam satu hari, bukan?

5. Blog
Bila Anda belum tahu apa itu blog, blog adalah “barang” yang sudah sangat umum kita temui di Internet dan tentunya di dalam percakapan kita sehari-hari. Jadi pura-puralah anda sudah tahu blog bila memang Anda sesungguhnya belum tahu blog. Silakan tersinggung, tapi saya beranggapan seseorang bakal terlihat primitif bila tahu internet tapi tidak tahu apa-apa soal blog.

Saya suka dengan blog gratisan yang dibuat di blogger.com alias blogspot. Tanpa disangka-sangka, saat ini saya sudah memiliki sekitar 75 blog yang saya buat di blogger.com. tentu saja hanya sebagian kecil saja yang saya rawat. Selebihnya sekadar saya manfaatkan untuk rnenempatkan link. Saya rnenyebutnya Dummy Blog.

Tidak dilarang menggunakan blog gratisan untuk meraup duit. Banyak master Adsense yang menggunakan blog beralamat blogspot untuk mengisi koceknya. Demikian pula dengan program paid review yang saya tekuni banyak mengandalkan blog-blog yang saya taruh di server blogger.com ini.

Tentu saja memiliki blog yang tersimpan di server berbayar adalah langkah yang lebih balk lagi. Dengan mengelola blog berbayar Anda lebih leluasa untuk mengutak-atik tampilan dan efektifitas blog dalam menjaring pengunjung dan duit. Secara pribadi, saya lebih memilih blog berbasis wordpress untuk dipakai meraup duit. Kenapa? Ya karena otak saya hanya mampu untuk mengutak-atik wordpress!

6. Nama domain
Perlukah nama domain berbayar kita miliki? Jawabannya tergantung program peraup duit yang mana yang Anda bidik. bila paid review dan pay per click seperti Google Adsense yang ingin Anda tekuni, maka nama domain berbayar bisa Anda jadikan prioritas belakangan. Sebaliknya, ada juga program bisnis internet yang mensyaratkan Anda untuk memiliki nama domain berbayar yakni program domain parking. Ya tentu dong. Namanya juga domain parking! Untuk program yang satu ini Anda hanya perlu belanja nama domain dan memarkirkannya di penyedia program domain parking. Tanpa perlu blog, tanpa perlu menulis artikel, duit akan mengalir.

Seberapa murah harga sebuah nama domain? Tak mahal untuk ukuran kantong saya. Bukan sombong, saya pernah belanja 10 nama domain sekaligus, cash pula! Jangan kaget, untuk setiap nama domain tersebut saya hanya perlu membayar seharga satu cup pop ice yakni Rp. 2.500. Benar, Anda tidak salah baca: dua ribu lima ratus rupiah! Jadi sepuluh nama domain cuma seharga semangkuk salad Pizza Hut? Yap!

Enaknya, saya bisa memanfaatkan 10 nama domain itu untuk berburu dollar di program domain parking. Tak perlu repot, tinggal taruh, dollar pun mengalir. Oh ya, nama domain murah tersebut adalah nama domain yang berakhiran .en yang kala itu sedang diobral. Mau mencoba? Cek saja di sejumlah penjual nama domain, siapa tahu mereka juga sedang obral nama domain.

7. Konten
Konten atau isi blog adalah sesuatu yang penting untuk diurusi. Program peraup uang seperti paid review, dan pay per click lumayan sensitif terhadap keberadaan isi blog. Ingat. Selalu ada cara untuk mendeteksi apakah artikel yang Anda pasang di blog asli buatan Anda atau asal Anda comot dari situs lainnya. Jadi balik lagi ke modal pertama yakni niat baik. Kalaupun Anda merasa perlu untuk mengutip artikel atau tulisan dari situs lain, pastikan Anda menuliskan sumber dan berilah link aktif kepadanya.

Menulis konten juga musti rutin Anda lakukan. Usahakan setiap satu minggu Anda bisa mempublikasikan setidaknya dua tulisan di setiap blog Anda. Keuntungan lain dari ketekunan mengisi blog adalah meningkatnya jumlah halaman blog Anda yang terindeks di mesin pencari. Ujung-ujungnya semakin banyak orang yang bakal menemukan dan melongok blog kesayangan Anda itu.

Satu hal lagi soal konten, banyak program bisnis internet yang mensyaratkan konten harus dalam bahasa tertentu, Inggris misalnya. Google Adsense adalah salah satu program penghasil duit yang tidak mengijinkan iklannya dipasang di blog berbahasa Indonesia. Hal sama berlaku pula untuk beberapa program paid review bikinan luar negeri. Bila sudah demikian, Anda tidak boleh protes. Tulislah blog Anda dalam bahasa Inggris. Lumayan susah memang tapi Anda bisa mensiasati. Pada bagian penjelasan program paid review, saya akan membuka rahasia menulis konten dalam bahasa Inggris secara gampang, sekalipun Anda tidak pernah lulus ujian bahasa Inggris.

8. Akun pembayaran (tekening bank, egold, paypal)
Saya yakin sangat sedikit penyelenggara program bisnis internet dari luar negeri yang memiliki rekening BCA. Jadi jangan ngotot dan berdalih cinta Indonesia hanya untuk menutupi kemalasan Anda membuat akun e-gold dan paypal.

Apa itu e-gold dan paypal? Buat Anda yang belum paham, e-gold dan paypal adalah sistem pembayaran secara online yang banyak dipakai pelaku bisnis internet. Uang bayaran Anda yang masuk ke rekening e-gold dan paypal mudah saja dikonversi dan ditarik ke rekening bank lokal yang Anda miliki.

Untuk program-program banis internet lokal, biasanya transaksi dilakukan menggunakan sistem transfer antar bank. So, kalau Anda mau serius, saran saya milikilah setidaknya satu akun bank lokal yang cukup terkenal. Tidak usah saya sebut nama bank-nya ya? Anda bisa bayangkan betapa repotnya kalau Anda hanya memiliki rekening dari bank lokal yang tidak terkenal, misalnya Bank Pasar yang hanya punya satu kantor satu-satunya di kecamatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget