Club Cooee

Selasa, 27 September 2011

Cara Cantik Pasca Melahirkan

Usai sudah perjuangan untuk melahirkan sang buah hati. Kini saatnya untuk kembali merawat diri. Pasalnya, rasa nyeri setelah persalinan dan rasa cemas karena peran baru sebagai ibu sering kali menurunkan semangat.

Agar semangat bisa timbul kembali, rawatlah tubuh usai melahirkan. Perawatan tubuh pasca melahirkan ditujukan agar tubuh kembali rileks, mengembalikan kekencangan kulit, sekaligus menurunkan berat badan.

Pijat adalah perawatan paling cocok untuk pasca melahirkan. Dengan pijat, aliran darah akan lancar, yang menyebabkan tubuh dan pikiran jadi segar. Selain itu, tumpukan lemak di dalam tubuh juga akan berkurang.

Perawatan bagian perut juga harus diperhatikan. Selama hamil, kulit perut mengalami peregangan. Akibatnya, setelah melahirkan perut akan terlihat kendur.

Perawatan pasca melahirkan selengkapnya yang perlu diketahui, yaitu:
1. Tapel
Oleskan tapel pada perut, setelah itu tutup dengan gurita agar tapel dapat bekerja dengan baik. Lakukan sampai 40 hari setelah melahirkan. Tapel ini terbuat dari jeruk nipis, minyak kayu putih, sirih, dan jahe.

2. Pilis
Bubuhkan pilis pada dahi dua kali sehari, setiap habis mandi. Fungsinya untuk meredakan pusing dan melancarkan peredaran darah. Gunakan mulai hari pertama setelah melahirkan hingga hari ke-40. Pilis terbuat dari kencur, kunyit, ganthi, kenanga, dan peppermint.

3. Param
Digunakan untuk memijat kaki agar melancarkan peredaran darah, mengurangi keletihan, dan mencegah pelebaran pembuluh darah yang biasa disebut varises. Selain itu juga berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang tegang. Gunakan dua kali sehari hingga 40 hari setelah melahirkan. Param mengandung bahan-bahan seperti kencur, sereh, klabet, dan jahe.

Selain perawatan itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah melahirkan, yaitu:
1. Jamu
Jamu ini biasanya adalah jamu khusus bersalin, diminum selama 40 hari. Kandungan jamu yang harus diminum berbeda-beda setiap minggunya. Habiskan hingga hari ke-40 agar hasilnya maksimal. Fungsinya adalah untuk menyembuhkan luka sehabis melahirkan, sekaligus mengembalikan kecantikan wajah dan tubuh.

2. Olahraga
Fungsinya adalah untuk menguatkan kembali otot-otot, mengencangkan tubuh, juga menjadikan tubuh sehat dan bugar. Pilihlah olahraga yang ringan. Jalan kaki di pagi hari sambil membawa bayi untuk berjemur ataupun senam ringan bisa menjadi pilihan. Sebelum melakukan olahraga, pastikan bahwa tubuh sudah kuat. Bagi yang melahirkan secara normal, olahraga sudah bisa dilakukan dua bulan setelah melahirkan. Sedangkan yang melahirkan melalui operasi Caesar baru diperbolehkan berolahraga tiga sampai empat bulan setelah persalinan.

3. Air Putih
Khasiat air putih sudah diketahui secara umum. Bagi wanita yang baru saja melahirkan, air putih sangat berjasa untuk mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Selain itu juga berguna untuk mengalirkan nutrisi sekaligus menghanyutkan kotoran dalam tubuh. Minumlah air putih sesering mungkin agar kulit tidak kering, segar, dan bercahaya.

4. Makanan
Pasca melahirkan tubuh membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Selain untuk tubuh ibunya, makanan yang berkualitas juga diperlukan untuk memproduksi ASI yang baik bagi si bayi. Pilihlah makanan yang memenuhi kebutuhan gizi. Sebisa mungkin buatlah makanan sendiri agar bisa menentukan bahan-bahan yang berkualitas tinggi.

5. Camilan
Sama seperti makanan, pilihlah camilan yang sehat seperti buah-buahan baik dalam bentuk asli maupun jus, sayur mayur, atau yoghurt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget