Club Cooee

Senin, 26 September 2011

Aspek Keamanan Serta Kesehatan Dalam Menggunakan Komputer

Teknologi komputer merupakan teknologi tinggi yang belakangan ini berkembang sangat pesat. Dengan diperkenalkannya teknologi yang baru ke dalam tempat kerja atau di rumah, aspek kesehatan dan keamanan kerja harus dipertimbangkan dengan seksama. Dalam konteks suatu perkantoran dalam sebuah instansi atau perusahaan tertentu, seringkali muncul debat yang sangat seru atas kedatangan dan digunakannya produk teknologi terbaru. Pada sejumlah kantor, misalnya, penggantian mesin ketik manual dengan sebuah komputer pribadi, meskipun bagi orang-orang tertentu dianggap akan mampu meningkatkan gengsi mereka, tetapi bagi sejumlah orang lain, penggantian itu dapat dianggap sebagai ancaman akan kelangsungan status mereka.

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaan teknologi baru adalah bahwa adanya hambatan dari mereka yang tidak menyukai produk teknologi baru, dan juga mereka yang menggunakan produk teknologi baru tersebut dengan cara yang tidak benar. Hal ini berkaitan erat dengan aspek keamanan kerja dari pekerja di instansi tersebut.

Aspek keamanan dan kenyamanan kerja ketika Anda menggunakan stasiun kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan Anda. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kondisi kesehatan yang bervariasi secara signifikan dapat mempertinggi risiko ketidaknyamanan, kelelahan otot dan persendian, bahkan cedera, serta sejumlah risiko kesehatan yang lain.

Kondisi-kondisi kesehatan itu antara lain:
1. Radang persendian ,
2. Penyakit gula (diabetes),
3. Berat badan yang berlebihan,
4. Darah tinggi,
5. Stres,
6. Merokok,
7. Kehamilan, menopause, dan kondisi lain yang mempengaruhi tingkat hormon,
8. Umur yang semakin bertambah
9. Kondisi fisik yang jelek.

Kita semua sadar bahwa kondisi kesehatan setiap pengguna stasiun kerja tidaklah sama, dan masing-masing mempunyai toleransi yang berbeda terhadap kondisi fisiknya ketika mereka harus bekerja untuk jangka waktu yang panjang. Bagi Anda sangat disarankan untuk selalu memantau aras toleransi kesehatan Anda, dan hindarkan kondisi yang selalu melebihi batas toleransi tersebut.

Indra yang bekerja keras selama kita bekerja menggunakan stasiun kerja adalah mata sehingga dengan cara apapun kita harus dapat menghindarkan mata kita dari adanya keluhan seperti iritasi mata atau kelelahan mata yang seringkali dapat menyebabkan kepala pusing dan pening.

Untuk itu kita harus sangat memperhatikan kesehatan mata kita:
1. Istirahatkan mata Anda dengan melihat pemandangan yang bernuansa sejuk dan jauh ke depan secara rutin,
2. Jagalah agar kacamata (jika Anda menggunakannya), lensa kontak, dan layar tampilan selalu bersih.
3. Jika Anda menggunakan pencegah kilau, bersihkanlah pencegah kilau itu sesuai aturan yang ada.
4. Periksakanlah mata Anda ke ahli mata secara teratur.
5. Jika mungkin, pakailah kacamata yang khusus dirancang untuk digunakan bekerja dengan layar komputer.

KEBIASAAN DALAM BEKERJA
Selain kondisi kesehatan yang prima, penempatan mebeler, peralatan kantor, dan penempatan sumber cahaya, kebiasaan bekerjapun dapat mempengaruhi kinerja Anda selama Anda bekerja menggunakan layar tampilan.

Agar Anda selalu merasa nyaman dalam bekerja, biasakan untuk selalu:
1. Bekerja dalam keadaan sesantai mungkin dan dalam posisi yang benar. Hindarkan posisi yang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan, bahkan cedera otot.
2. Mengubah posisi duduk Anda untuk mencegah kelelahan otot.
3. Berdiri dan mengambil beberapa menit untuk mengendorkan ketegangan otot dan lakukan olahraga ringan beberapa kali sehari.
4. Mengusahakan untuk tidak mengetik dalam jangka waktu yang lama yang memberikan tekanan fisik yang berat pada Anda.
5. Mengambil istirahat sejenak secara periodik. Anda akan mendapat pengalaman bahwa istirahat dalam waktu singkat dan sering jauh lebih bermanfaat dibanding dengan istirahat yang lama tetapi jarang.
6. Memeriksa kebiasaan kerja Anda dan tipe pekerjaan yang hendak Anda lakukan. Bagilah waktu Anda untuk bekerja secara bergantian sehingga Anda tidak duduk dalam selang waktu yang lama atau melakukan satu aktivitas yang sama terus-menerus. Hal ini selain untuk menghindari kelelahan juga untuk mencegah datangnya kejenuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget