Club Cooee

Rabu, 28 September 2011

Khasiat Jamur Ling Zhi

Jamur ling zhi pertama kali dikonsumsi oleh kaisar Sin Shi Huang Ti (Huang Di) pada 250 SM. sebagai obat untuk panjang umur atau agar tetap awet muda. Sementara menurut para herbalis di negeri tirai bambu itu menyebutkan. bahwa jamur ini telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman Kaisar Shen Nung (2737 SM). Dalam catatan pengobatan kuno, terutama di negeri Cina, Jepang dan Korea menempatkan ling zhi sebagai bahan konsumsi obat utama yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Di Cina sendiri jamur ling zhi sering dikenal dengan banyak nama, seperti chi zhi, ling chi, chih ling chi, ling chili, ch’I chi dan ling zee. Sementara di Jepang. ganoderma dikenal dengan nama reizhi, ray-she dan ree-she. Sedangkan di luar Cina. para herbalis menyebut jamur kayu yang berkhasiat obat ini dengan berbagai sebutan. Seperti herb of spirit potency (herba pembangkit potensi), the thousand year mushroom (jamur seribu tahun), red fungus (cendawan merah), elixir of life (cairan kehidupan) dan lain-lain.

Sebagai bahan obat, jamur lingzhi atau ganoderma telah diproduksi dalam bentuk serbuk halus, ekstrak maupun keratan kering. Beberapa di antaranya telah dibuat dalam bentuk kapsul yang mengandung 500 mg ekstrak murni. Atau juga dalam bentuk kemasan seduh yang dapat diminum bersama air.

Adapun manfaat bagi kesehatan dan beberapa jenis penyakit yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi jamur ling zhi adalah sebagai berikut.
1. Menambah Stamina
Jamur ling zhi sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya penyerapan oksigen dalam darah hingga 1,5 kali. Hal itu terjadi karena germanium organik memiliki sifat yang mudah bereaksi dengan zat hidrogen yang harus dibuang oleh tubuh. Seperti diketahui, zat hidrogen dibuang dari tubuh setelah bergabung dengan oksigen dalam bentuk air.

Selain itu, kandungan germaniumnya yang di atas 800 ppm, merupakan bahan penambah stamnina yang kualitasnya lebih baik dibandingkan ginseng (yang hanya mengandung germanium organik 250-320 ppm). Berkaitan dengan hal tersebut, maka tidak mengherankan bila ganoderma ini juga telah disepakati sebagai jamur yang bersifat afrodisiakum atau dapat meningkatkan vitalitas seksual.

2. Mencegah dan Mengobati Kanker
Dari hasil penelitian di Jepang dan Amerika Serikat diketahui hal yang positif, bahwa ling zhi dapat dijadikan obat untuk menangkal dan mencegah efek karsinogen dari sel-sel kanker. Kandungan bahan aktif dalam jamur ling zhi juga bisa digunakan mengobati penyakit kanker.

Manfaat ling zhi dalam mengatasi kanker dikarenakan oleh efektivitas bahan aktif dari senyawa ganodermin, asam ganodermin beserta senyawa-senyawa lainnya yang disebut sebagai grup kompleks polisakarida. Senyawa-senyawa ini di samping dapat merangsang sel T-helper juga menghancurkan sel-sel yang sudah terinfeksi sehingga tidak menyebar ke sel-sel lainnya yang masih sehat.

3. Mengeluarkan Racun
Pemanfaatan jamur ling zhi untuk obat penawar racun telah lama dilakukan oleh suku bangsa Maya atau suku Indian (Meksiko). Khasiatnya sebagai obat penawar racun ini sangat berkaitan dengan kandungan bahan aktif berupa germanium organik yang terdapat di dalam jamur. Bahan aktif germanium organik atau GE+32 merupakan unsur kimia yang larut dalam air, memiliki sifat semi konduktor netral dan mudah menyatu dengan elektron dari substansi lain. Unsur ini masih termasuk senyawa antidotum, semacam senyawa oksida sekui yang dapat mengikat dan mengeluarkan racun dari tubuh dalam waktu 20 jam saja.

Oleh karena itu, senyawa germanium organik sangat baik bagi kelancaran metabolisme tubuh. Senyawa ini juga bermanfaat dalam membantu mengatasi gangguan fungsi ginjal dan melancarkan pembuangan sisa-sisa metabolik yang sudah tidak digunakan lagi.

4. Mengatasi Gangguan Pernapasan
Kombinasi gugus-gugus polisakarida dalam ganoderma merupakan senyawa obat yang sangat baik dalam mengatasi gangguan pernapasan. Antara lain membasmi bakteri patogenik yang menyerang paru-paru, seperti bakteri Mycobacterium tuberculosis yang merupakan bakteri penyebab penyakit TBC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget