Club Cooee

Senin, 07 November 2011

Kisah Miracles Bunda Laura: Mengatasi Anak Bertengkar

Minggu sore, 28 Februari 2010, Ayah baru tiba dari Jakarta. Selama libur panjang kemarin memang ayah pergi ke Jakarta karena ada keperluan keluarga. Saya beserta anak-anak tidak ikut karena kondisi saya yang sudah hamil besar...



Keira dan Narda begitu senang. Begitu ketemu ayah langsung deh pada berebut kangen-kangenanan. Ayuk Keira minta digendong dan Adek Narda juga tak mau kalah. Dari Jakarta ayah membawa banyak boneka oleh-oleh dari Uti & bude, dan seperti biasa Keira tidak mau membagi bonekanya ke Adik. Semua boneka yang ada di tas diambilnya, padahal bonekanya ada sekitar 7 buah. Itulah Keira. Saya coba mengalihkan adik untuk bermain dengan boneka lamanya. Alhamdulillah, tak berapa lama Narda dan akhirnya asyik bermain dengan boneka lama.



Malamnya Ayah baru teringat klo bunda juga dapet oleh-oleh dari adik yang di Jakarta yang ternyata isinya Buku "Anak Saya Tidak Nakal, Koq" ... whuaaaaaaa seneng bgt deh, dok. Akhirnya kesampain juga punya buku itu, karena di took-toko buku di Jambi kan belum ada. Senangnya lagi, karena ayah ada, maka tugas untuk menemani Keira dan Narda malam itu beralih ke Ayah. Selain itu anak-anak juga masih ingin kangen-kangenan sama Ayahnya....



Setelah saya menemani Keira dan Narda minum susu, membantu gosok gigi, dan memakaikan baju tidur, mereka berdua pun langsung masuk kamar bersama ayah, sementara saya yang sudah menanti-nanti buku itu, langsung mulai membacanya.. Saya punya kebiasaan bila membaca buku suka melihat daftar isi terlebih dahulu kemudian membaca sekilas-sekilas isinya. Tak tahu kenapa saya langsung tertarik pada hal 85. "Mengatasi Anak Bertengkar" .. Tapi sebelum mulai membaca, saya sempat mengintip ke kamar untuk mengecek anak-anak. Alhamdulillah, ternyata mereka masih asyik bermain sambil memijit Ayah. Aman deh..



Saya pun melanjutkan membaca..Baru sebentar membaca, saya melihat jam dinding, ternyata sudah lewat jam tidur anak-anak. Tapi Keira dan Narda belum tidur (anak2 biasa tidur paling telat jam 9). Akhirnya saya mengingatkan ayah kalau sudah lewat jam tidur & anak-anak harus segera tidur.... (O iya, dok. Saya lupa menceritakan bahwa selain membawa boneka, ayah juga membawa bantal-bantal kesayangan kami dari rumah yang di jakarta). Nah, masalah mulai muncul pada saat mau tidur. Keira mulai berulah lagi. Dia tidak mau memberikan 1 bantal sama Adik Narda, padahal waktu itu ada 3 bantal. Adik yang sedang memeluk 1 bantal, tiba2 direbut oleh Keira..Adik pun langsung nangis sambil mendatangi Keira dan berusaha merebut bantalnya sampe akhirnya mereka tarik-tarikan bantal ..

Keira : “Gak boleh ini bantal Ayuk”

Narda : (sambil menangis dengan bahasa bayinya) "maauuu..mauu nini dede" ( ehm mungkin maksudnya punya dede gitu kali ya)

Tarik-tarikan bantal ini diakhiri dengan didorongnya Adik oleh Keira. Adik pun menangis memeluk saya. Melihat kejadian ini biasanya saya langsung kesal dan ingin marah. Tapi saya teringat dengan pesan dokter bahwa Anak adalah Anugerah… Keira sedang belajar bagaimana berbagi. Saya yang harus membimbingnya.



Saya mendatangi keira yang sedang memeluk tigal bantal. Saya jadi ingin tersenyum. Lucu melihatnya memegang tiga buah bantal sekaligus.

Bunda : “Ayuk, kan bantal ayuk banyak ada 3 ..adek cuma minta 1..ayuk masih ada 2 lagi kan, kenapa gak boleh?..” (E)

Keira : “Gaaak boleehh..ini semua bantal lembut Ayuk... Kan adek udah ada tuh yang kecil aja “ dengan muka juteknya, sementara adik masih menangis di gendong mbok

Bunda : Tapi kan ayuk punya 2 bantal ntar makenya gimana hayoo??...kasih adek 1 ya, Nak! Kan anak bunda anak sholehah, sayang adik, kan? Keira anak pintar, kan.?

( Sambil terlihat berpikir, akhirnya Keira memberkan 1 bantal kepada saya untuk adek walaupun tampak tidak rela....)

Keira : “Gaakkk Boleeehhhh.... “ Teriak Keira sambil memasang muka jutek (Bantal yang sedang saya serahkan ke adek direbut kembali oleh Keira)



Duuuhhh saya terus menarik nafas dok..pokoknya musti Sabar..dan kayaknya si Ayah tau saya dah mulai goyah nih usaha untuk meRedam amarah (R). Akhirnya ayah datang membantu.

Ayah : "Sudah, Bunda lanjutin aja bacanya. Biar anak-anak ayah yang tangani. Mungkin Keira lagi cari perhatian karena ditinggal ayah 4 hari" Selanjutnya langsung deh si ayah beraksi

Ayah : “ayoooo siapa yang mau bobo bareng ayah...yuk kita pesta bantal..bantal ayuk..bantal adek...bantal ayah...bantal bunda..taruh siniii semuaa ayooo!”

Keira langsung ceria. Dia memberikan semua bantal sama Ayah, sedangkan adek yang waktu itu nangisnya dah mulai reda ikut-ikutan sambil tertawa (hmm walaupun waktu itu ayah udah ngantuk berat & capek banget tapi tetap berusaha menemani anak-anak bermain)..Nah sementara mereka mengatur posisi bantal-bantal itu bunda pun keluar kamar dan mengambil buku, ceritanya akan serius melanjutkan membaca buku. Eh, belum ada 10 menit, tiba-tiba adik menangis kuennceeengggg sekali. Langsung saya masuk kamar. Ayah yang ketiduran juga bangun karena kaget ..Kami kaget melihat Keira tidur di sebelah Ayah dan adek terduduk di Kaki Keira dengan bibir adek tampak berdarah ....



Ayah pun langsung menegur Keira dengan memberikan sanksi. Keira malam ini bobonya sama si Mbok aja ( panggilan untuk pembantu kami)....Keira langsung menangis kencang. Malam itu benar-benar rumah kami penuh dengan suara tangisan anak-anak...



Akhirnya setelah luka adek saya bersihkan, untuk meredakan tangisnya saya buatkan susu lagi sambil menidurkannya di kasur dengan posisi agak berjauhan dengan Keira..Sementara itu ayah masih "mengintrogasi" Keira ..

Ayah : “Ayoo tadi adek ayuk apain??..”

Keira : (tetep menangis tidak mau menjawab)

Ayah : “Kalo ayuk gak mau cerita ntar malam ini ayuk tidur sama si mbok aja”

Keira : “Gaakk maauuu....ayuk mo bobo disini aja ..”

Ayah : “Ya udah, sekarang bilang sama ayah adek diapain, trus minta maaf sama adik”

Keira : “Gak maauu..ayuk tuh gak salah...adek yang nakal ..”

Ayah : “Tapi bibir adek berdarah kenapa ayoo??..”

Keira : “Gak taauuu bukan sama ayuk....”

Ayah : “Ya uda klo ayuk gak cerita, gak mau minta maaf sama adek sekarang juga pindah ke kamar mbok atau gak duduk di kursi tenang ..



Tangisan Keira semakin keras. Waktu itu saya melihat ayah juga terlihat sudah lelah sekali, akhirnya sekarang giliran saya mengambil alih. Sambil memberi kode ke Ayah, dalam hati saya mengucapkan “Bismillah....”, sambil menarik nafas panjang. Inilah saatnya mencoba mempraktekan apa yang tadi saya baca dalam buku.

Saya ingat

Waktu itu sebenarnya saya mau men-time out Keira, tapi karena melihat mukanya yg penuh penyesalan, maka saya dengan berusaha tenang, saya memanggil Keira sambil memasang senyum

Bunda : “Keira sini deh, deket bunda ...”

Keira : “Bunda..ayuk mo sayang Bunda, gak mau dimarahin..”

Bunda : “Bunda sayang koq sama ayuk ..”

Keira : “Ayuk mo di Peluk Bunda...”

Bunda : “Boleh tapi nanti yaa..skarang bunda mo Tanya, tadi adek ayuk apain?”(saya Tanya Keira dengan nada lembut)

Keira : “Tapi ayuk mau sayang bunda..mau peluk,,,bunda”

Bunda : “Iyaaa...Bunda sayang sama ayuk. Sekarang ayuk bilang dulu, setelah itu baru bunda peluk deh ;)” (saya memakai nada rendah seperti yang dokter contohkan waktu konsultasi)

Keira : “Iya..abis adek tuh nakal..Ganggu ayuk bobo sama Ayah..”

Bunda :

Kan bobonya sama-sama...emang adek gimana tadi??

Keira : “Adek bobo di perut ayah trus..trus adek tuh tindihin ayuk juga kan adek bobo sebelah sana aja,,ayuk sebelah sini..”



Saya mencoba mendengar dan menganalisa (E). Jadi Narda ingin tidur tengah2 antara ayah & keira.

Bunda : “ouww gitu yaa..jadi adek tindihin ayuk??”

Keira : “Iya..Adek injek perut ayuk. Kan sakit bunda ..”

Bunda : “Trusnya ??”

Keira : “ayuk..ayuk...dorong aja adek sampe jatuh soalnya kan perut ayuk sakit di injek ..”

Bunda : “Tapi ayuk dorongnya kenceng yaa??..Bibir adek koq sampe berdarah...kasihan kan adek…”

Keira : (diam sambil angguk2)

Bunda : “Nah sekarang ayuk minta maaf dulu ya ke adek..”

Keira : “Gak mauu…adek kan nakal juga”

Bunda : “Tapi kasihan adek. Seharusnya ayuk bilang aja sama adek klo perut ayuk sakit jangan langsung didorong ..Liat tuh bibir adek luka sampe berdarah ..ayuk sayang gak sama adek?..”

Keira : “Ayuk sayang bunda” (sambil menangis ngeliat adek)

Bunda : “Nah klo sayang, sekarang peluk , cium, adek trus bilang “adek..ayuk minta maaf”

Keira : “Gak mauu…adek juga nakal”

Bunda : “Ya udah, klo gitu bunda gak mau peluk ayuk , mo peluk adek aja ah abis ayuk belum meminta maaf sama adek, kan klo anak sholeha itu jika menyakiti mau untuk meminta maaf, dan anak sholeha itu sayang sama adek ..… “ dan

Tidak lama kemudian, Keira langsung memeluk dan mencium adek sambil bilang “ayuk minta maaf ya dek “

Narda : “he euh” (sambil mengangguk dan membalas cium)

Bunda : “sini dua-duanya bunda peluk…ini baru anak bunda yang sholeha… Nah skarang Bobo ya udah malem, Keira mo bobo dimana??..Bobo disebelah ayah gak?..”

Keira : “Ayuk mo bobo deket adek aja ..”

Bunda : “ya uda bobo sebelah adek yaa, bunda di sebelah ayah....skarang kita baca doa bobo dulua ya..trus merem yaa..”



Setelah membaca doa sebelum tidur, saya langsung memasang lampu tidur supaya mereka cepet tidur.. Tak sengaja sayup2 saya mendengar suara Keira …

Keira : “Adek bibirnya sakit ya??..Maafin ayuk ya tadi dorong-dorong adek sampe jatuh..Sini ayuk peluk..Ayuk sayaaaang sama adek ..”

Narda : (Tersenyum sambil mencium ayuknya)

Akhirnya mereka pun tidur berpelukan ..Saya dan ayah terharu sekali mendengar pernyataan Keira yang tulus itu..



Baru kali ini saya merasakan benar adanya “Miracle” karea bisa meredam emosi. Karena biasanya, kalau melihat mereka bertengkar langsung deh kayak petasan khihihihi……….malah gak ada penyelasaiannya…

Alhamdulillah setelah 2 kali konsultasi melaluii telepon sama dokter dan walaupun baru baca bukunya sedikit, saya sudah mendapatkan hasil awal yg bagus & memotivasi saya untuk menjadi lebih baik lagi dalam mendidik anak …dan tentunya mendapatkan Miracles At Home.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget