Club Cooee

Rabu, 02 November 2011

Gigi Tiruan Penuh Yang Murah


Batas Gigi Tiruan

Seperti sudah disebutkan, lebih banyak masalah timbul akibat kegagalan oklusi (stabilitas) daripada kegagalan pencetakan (retensi) dan karena itu, penekanan pada butir-butir berikut ini akan sangat membantu dalam pembuatan gigi tiruan berbiaya rendah.

- Biaya dan ketepatan pemakaian artikulator padan-penuh berbusur-wajah akan bisa diimbangi jika gigi tiruan yang dibuat jumlahnya banyak. Pembuatan rekaman busur-wajah pada pasien memakan waktu dua menit, dan dua menit pula bagi prosedur laboratoriumnya. Kapan pun, model atas harus cekat dengan baik ke artikulator.

- Rekaman lengkung retrusi antaroklusal dapat dibuat dengan cepat dengan latihan dan kerja sama pasien yang baik.

- Jika menggunakan basis malam untuk registrasi ini, malam harus mengeras jika didinginkan, dan diasah sedikit lebih pendek daripada tepi batas gigi tiruan yang direncanakan agar pergeseran dapat dikurangi. Dianjurkan untuk menggunakan bahan fiksasi guna meminimalkan pergeseran ketika membuat registrasi.

- Jika menggunakan galangan gigit malam, galangan harus diasah sedikit lebih pendek dari OVR. Untuk registrasi, gunakan plaster atau malam low-fusing.

- Sebelum registrasi rahang, ukir posisi bukolingual gigi-gigi posterior yang direncanakan pada malam dan pasang gigi-gigi anteriornya. Walaupun demikian, tetap perhatikan pembuatan registrasi.

- Garpu gigit busur-wajah kemudian dipasang pada permukaan labial dan bukal dari basis malam atas.

- Dalam praktiknya, jika laboratorium jauh dari tempat praktik, biasanya banyak kendala dalam pengiriman busur wajah dan artikulatornya. Bahkan walaupun artikulator disimpan oleh peteknik, artikulator tidak akan bermanfaat tanpa busur-wajah. Namun, asisten dokter gigi bisa memasang model ke artikulator. Tentu saja di sini digunakan busur-wajah Slidematic dengan artikulator Denar Mark II yang tidak memerlukan transfer busur-wajah. Pada situasi yang sulit seperti ini bangunlah kerja sama dan saling pengertian dengan peteknik dalam masalah oklusi.

- Jika menggunakan artikulator engsel sederhana pada pembuatan gigi tiruan penuh, keterbatasannya harus benar-benar dipahami dan perhatian harus lebih difokuskan pada perlunya merekam OVR yang tepat pada saat membuat registrasi relasi rahang. OVR tidak boleh diubah pada artikulator ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget