Club Cooee

Senin, 08 Agustus 2011

Robot Humanoid Yang Anda Impikan


Robot humanoid gencar dikembangkan saat ini

Karena penerapan robot ke depan akan di fokuskan menjadi robot yang memiliki fitur mirip manusia. Bahkan, diharapkan memiliki kemampuan berinteraksi dan berprilaku seperti manusia yang dikenal dengan Human Robot Interaction.

Ada banyak hal yang menarik dan tidak membosankan jika Anda bermain dengan elektronika, di antaranya adalah membuat robot. Jika Anda pernah atau memiliki hobi merakit mobil Tamiya, Anda sudah memiliki bekal dasar untuk membuat robot. Karena prinsip yang digunakan pada mobil Tamiya juga banyak digunakan pada robot, yaitu dasar mekanik mesin, roda, dan sumber catu daya.

Kata robot sendiri diperkenalkan ke publik oleh Karel Capek pada saat mementaskan RUR (Rossum’s Universal Robots). Namun, awal munculnya Robot dapat diketahui dari bangsa Yunani kuno yang membuat patung yang dapat dipintal-pindahkan. Sekitar 270 BC, Ctesibus, seorang insinyur Yunani membuat organ dan jam air dengan komponen yang dapat dipindahkan. Zaman Nabi Muhammad SAW pun, telah dibuat mesin perang yang menggunakan roda dan dapat melontarkan bom. Bahkan, Al -jajari (1136-1206) seorang ilmuwan Islam pada dinasti Artuqid adalah yang dianggap pertama kali menciptakan robot humanoid, hebat kan? Nah, Anda sendiri bagaimana? Di zaman sudah maju begini, apa yang telah Anda buat berkenaan dengan robot?

Pada tahun 1770, Pierre Jacquet Droz, seorang pembuat jam berkebangsaan Swiss, membuat 3 boneka mekanis. Uniknya, boneka tersebut dapat melakukan fungsi spesifik, yaitu dapat menulis, yang lainnya dapat memainkan musik dan organ, dan yang ketiga dapat menggambar. Pada tahun 1898, Nikola Tesla membuat sebuah boat yang di kontrol melalui radio remote control dan di demokan di Madison Square Garden. Namun usaha untuk membuat autonomus boat tersebut gagal karena masalah dana.

Pada tahun 1967, Jepang yang pada pada saat itu merupakan negara yang baru bangkit, mengimpor robot Versatran dari AMF. Awal kejayaan robot dimulai pada tahun 1970, ketika Profesor Victor Scheinman dari Universitas Stanford mendesain lengan standar. Saat ini, konfigurasi kinematiknya dikenal sebagai standar lengan robot. Terakhir, pada tahun 2000 Honda memamerkan robot yang dibangun bertahun-tahun lamanya bernama ASIMO, serta disusul oleh Sony dengan robot anjing AIBO.

Robot banyak dibuat oleh Institusi Riset, Universitas, Departemen Pertahanan, serta institusi besar lainnya seperti NASA dan Sony. Saat ini hampir semua industri manufaktur menggunakan robot karena biaya per jam untuk mengoperasikan robot jauh lebih murah dibandingkan menggunakan manusia. Robot pada awalnya digunakan untuk melakukan fungsi spesifik, misalnya pengecoran, penyolderan, dll. Namun, saat ini sudah banyak robot yang melakukan banyak fungsi.

Beberapa penerapan robot saat ini antara lain:
• Merakit dan mengelas kerangka mobil di industri manufaktur.
• Pencari dan pemadam sumber api, intelijen.

Arsitektur Robot Humanoid
Gambar di bawah merupakan blok diagram robot humanoid standar yang dapat Anda buat.

Pada gambar di atas, intinya Anda dapat menggunakan berbagai pengontrol/mikrokontroler untuk membuat robot humanoid tersebut secerdas mungkin. Anda dapat menggunakan mikrokontroler standar yang umum beredar seperti AVR, Basic Stamp, dan Basic Atom dengan kemampuan luar biasa. Semua input yang diterima oleh sensor akan diolah oleh mikrokontroler. Lalu melalui program yang telah kita buat, mikrokontroler akan melakukan aksi ke aktuator seperti lengan robot atau roda dan kaki robot. Teknologi wireless yang digunakan di atas adalah agar robot dapat mentransmisikan data atau menerima perintah secara jarak jauh. Sedangkan PC/Laptop digunakan untuk program utama serta melakukan proses komputasi data dan images kecepatan tinggi yang tidak mampu dilakukan oleh mikrokontroler standar. Untuk memberikan catu daya pada robot dapat digunakan baterai, aki, atau solar cell.

Ok, sampai kapan Anda hanya terpana dengan gambar di atas? Sudah saatnya Anda sebagai generasi penerus bangsa terutama yang menekuni bidang elektronika memikirkan dan berupaya agar mampu mengejar ketertinggalan kita dari negara Iainnya. Jika Anda hanya hobi tanpa memiliki bekal pengetahuan dasar di bidang elektronika, tidak masalah. Yang penting Anda mau belajar dan mencoba sekarang juga. Demikianlah pengantar robot humanoid yang dapat dijadikan sumber pijakan utama bagi Anda yang ingin mengembangkan robot humnoid yang Anda impikan.

Latihan
Yang membuat Anda mahir robotika tidak lain adalah pengalaman dalam bereksperimen dan ketekunan. Untuk itu, Anda diharapkan menjawab dan mengerjakan semua latihan ini.

Sebagai seorang pemula/pelajar, Anda membutuhkan informasi pelengkap terkini tentang dunia elektronika dan robot melalui Internet. Akseslah situs google.com atau yahoo.com untuk mencari informasi komponen elektronika untuk dapat menjelaskan cara kerja dari:
• Resistor
• Kapasitor elektrolit dan kapasitor keramik
• Transistor NPN dan transistor PNP
• MOSFET dan FET
• Relay 5 V
• Dioda penyearah
• IC regulator variabel
• Kamera webcam i. Motor DC dan servo

Rangkailah satu daya berbasis solar cell amorphous 5.2V 21m Akan untuk program utama serta melakukan proses komputasi data dan images kecepatan tinggi yang tidak mampu dilakukan oleh mikrokontroler standar. Untuk memberikan catu daya pada robot dapat digunakan baterai, aki, atau solar cell.

Carilah info sebanyak mungkin yang berhubungan dengan aktuator robot humanoid, seperti servo, motor DC, stepper, pneumatic, dan Iainnya.

Pelajarilah pemrograman robot humanoid, Visual C++ .Net serta Open CV.
pustaka-Robot Humanoid Yang Anda Impikan

Membuat Sendiri Robot Humanoid + CD Oleh Widodo B & Paulus Andi Nalwan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget