Club Cooee

Kamis, 11 Agustus 2011

Diet Dengan Air Putih

Kita tahu bahwa komposisi tubuh kita ini 50-70% mengandung air. Bisa kita bayangkan, bila kehilangan sedikit saja air dalam tubuh akan berdampak pada organ atau tubuh kita. Karenanyalah, kita harus menjaga asupan air ke dalam tubuh. Sebenarnya, dalam keadaan tak banyak bergerak pun, manusia akan kehilangan air yang cukup banyak sehingga setiap harinya kita akan kehilangan air. Apalagi untuk kita yang tinggal di daerah tropis, harus lebih memerhatikan kondisi cairan dalam tubuh.

Dr. James M. Rippe kardiolog dan direktur latihan di Sekolah Medis Massachusetts—dalam sebuah situs di Internet mengatakan, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22%. Jika kehilangan cairan lebih dari 7%, tubuh akan merasa lemah, lesu, dan pusing-pusing. Karena itu, dianjurkan untuk minum dengan cukup meski belum merasa haus.

Air putih berfungsi untuk membantu pembentukan cairan kimia yang diperlukan tubuh. Air putih juga dapat membersihkan saluran makanan dari kotoran makanan yang tersisa. Tanpa air yang cukup, ginjal akan sulit bekerja dan akan memproduksi urine yang berwarna pekat. Hal ini dapat mengakibatkan infeksi saluran kencing dan kencing batu. Selain itu, juga bisa membantu untuk mengurangi berat badan karena air putih merupakan bagian penting dalam proses metabolisme (pembakaran kalori) dalam tubuh.

Dalam hal ini, air berperan sebagai bahan bakar untuk mendorong reaksi kimia metabolisme. Jadi, bisa dibayangkan, kalau air yang kita minum kurang, proses metabolisme berlangsung kurang maksimal. So, air putih sangat cocok buat kita yang sedang berdiet, kan? Kalau ingin mencobanya, kita cukup minum satu atau dua gelas air putih hangat sebelum makan. Karena dengan cara ini, nafsu makan kita akan turun sehingga bisa mengontrol makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget