Club Cooee

Selasa, 09 Agustus 2011

Apa Itu Website ???

Era digitalisasi memungkinkan semua orang di seluruh dunia berkomunikasi melalui website untuk mengakses informasi dan mengimpor teknologi. Sebuah website sebenarnya adalah kumpulan file atau dokumen yang tersimpan dalam suatu server yaitu komputer khusus yang selalu terhubung dengan internat. Setiap file mempunyai alamat masing-masing yang dinamakan URL (Uniform Resource Locators). Website rnenampilkan informasi baik berupa teks, gambar atau animasi yang dihubungkan dalam banyak jaringan yang disebut hyperlink.

Sebuah website dapat dimiliki oleh pribadi maupun kelompok dan bebas diakses oleh setiap orang di belahan bumi manapun. Dengan website, Anda dapat membuat pengumuman atau pemberitahuan, membagi dan mendistribusi file dan foto, berkomunikasi langsung dengan customer di berbagai negara, menerima masukan dari pengunjung/customer Anda sekaligus memberikan pelayanan kepada customer Anda.

Berikut ini adalah beberapa komponen website:
1. Domain
Domain adalah nama website Anda misalnya yahoo.com, google.com dan sebagainya. Domain ini unik, tidak bisa dobel, tidak satu pun domain yang namanya sama. Domain dapat dibeli atau tepatnya disewa, biasanya per tahun dari jasa penyedia atau penjual domain. Domain ini ibaratnya seperti nama perusahaan Anda.

2. Web Hosting
Web hosting adalah sebuah server atau tempat di mana Anda dapat meletakkan atau menyimpan website Anda yang nantinya dapat diakses oleh orang lain melalui internat.

3. Bahasa Pemrograman
Bahasa yang paling mudah untuk membuat sebuah file website adalah HTML (Hyper Text Mark up Language). Walaupun Anda tidak tahu sama sekali tentang bahasa HTML, Anda pun masih bisa membuat file website sederhana dengan menggunakan software pengelola kata yang biasa seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel atau Open Office untuk Linux. Anda tinggal menyimpan file Anda dalam bentuk dokumen dengan ekstensi .html dengan cara menekan tombol “save as” lalu pilih format file .html. Tetapi Anda harus memberi nama file Anda dengan index.html jika menginginkan agar file Anda menjadi halaman pertama dari website Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget