Club Cooee

Jumat, 07 Oktober 2011

Tanaman Bumbu Dapur


Pemilihan Lokasi tanaman

pemilihan lokasi lahan untuk budi daya tanaman bumbu dapur yang ada di Indonesia memerlukan ketelitian dan penanganan secara serius. Hal ini dimaksudkan agar tanaman dapat tumbuh dengan sempurna dan dapat memberikan hasil berkualitas. Beberapa faktor lingkungan yang sangat berperan dalam proses pertumbuhan tanaman adalah faktor iklim, keadaan tanah, dan ketinggian tempat.

Iklim
Iklim merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam keberhasilan budi daya tanaman bumbu dapur. Iklim di suatu daerah berbeda dengan daerah lain karena adanya perbedaan letak garis lintangnya. Secara umum dapat dikatakan bahwa tanaman bumbu dapur dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim khas kepulauan Indonesia yakni tropis basah.

Beberapa unsur iklim yang cukup mempengaruhi keberhasilan pertumbuhan tanaman bumbu dapur tersebut di antaranya curah hujan, sinar matahari, kelembapan, dan angin. Unsur iklim tersebut akan saling terkait antara satu dan lainnya, sehingga dapat mempengaruhi proses perkembangan pertumbuhan tanaman.

Secara umum, tanaman bumbu dapur Indonesia memerlukan curah hujan sedang sampai tinggi. Sebagaimana diketahui bahwa curah hujan sangat penting bagi pertumbuhan tanaman karena akan memberikan ketersediaan air bagi tanaman. Air merupakan pelarut zat-zat di dalam tanah, sehingga akar lebih mudah menyerapnya. Air juga digunakan sebagai media pengangkut zat hara dan hasil fotosintesis ke dalam tubuh tanaman. Sementara itu, angin berperan penting dalam membantu proses penyerbukan secara alami.

Keadaan Tanah
Pada dasarnya, tanaman bumbu dapur tidak banyak menuntut persyaratan jenis tanah. Bahkan, ada beberapa jenis bumbu dapur, seperti lada, daun salam, jeruk nipis, dan kayu manis, dapat tumbuh dengan baik di daerah-daerah yang kondisi tanahnya tidak terlalu memenuhi syarat kesuburan. Meskipun demikian, secara umum keseluruhan tanaman bumbu dapur menghendaki hidup di tanah yang gembur, banyak mengandung unsur hara, serta berdrainase baik. Drainase yang baik akan memungkinkan akar tanaman memperoleh cukup oksigen dan menghindarkan akar tanaman dari kebusukan.

Tanah dengan kandungan unsur hara yang seimbang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman-tanaman bumbu dapur yang sedang dibudidayakan. Salah satu faktor yang sangat menentukan adalah kadar kemasaman (pH) tanah. Kemasaman tanah yang cukup baik dan masih bisa ditolelir oleh tanaman bumbu dapur adalah 5,5-7,0. Dengan pH tanah seperti ini diperkirakan terdapat keseimbangan unsur-unsur hara yang diperlukan tanaman dalam menunjang proses pertumbuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget