Club Cooee

Jumat, 07 Oktober 2011

Kuantitas Uang


Teori Tentang Kualitas Uang

Setelah mendefinisikan apakah uang itu dan menjelaskan bagaimana uang dikendalikan dan diukur, sekarang kita bisa mengkaji bagaimana kuantitas uang mempengaruhi perekonomian. Untuk itu, kita membutuhkan teori tentang bagaimana kuantitas uang dikaitkan dengan variabel-variabel perekonomian lain. seperti harga dan pendapatan. Teori yang akan kita kembangkan, yang disebut dengan teori kualitas uang (quantity theory of money), berasal dari pemikiran salah satu ahli teori moneter pertama yang juga seorang filsuf dan ekonom, David Hume (1711-1776). Teori tersebut masih dipandang sebagai alat utama untuk menjelaskan bagaimana uang mempengaruhi ekonomi dalam jangka panjang.

Transaksi dan Persamaan Kuantitas
Orang memegang uang untuk membeli barang dan jasa. Semakin banyak uang yang mereka butuhkan untuk bertransaksi, semakin banyak uang yang mereka pegang. Jadi, kuantitas uang dalam perekonomian sangat erat kaitannya dengan jumlah dolar yang dipertukarkan dalam transaksi.

Hubungan di antara transaksi dan uang ditunjukkan dalam persamaan berikut, yang disebut persamaan kuantitas (quantity equation):

Uang x Perputaran = Harga x Transaksi

M x V = P x T

Mari kita bahas keempat variabel dalam persamaan ini. Sisi kanan dari persamaan kuantitas menyatakan transaksi. T menunjukkan total jumlah transaksi selama periode waktu tertentu, katakanlah, setahun. Dengan kata lain, T adalah berapa kali dalam setahun barang dan jasa dipertukarkan dengan uang. P adalah harga dari suatu transaksi tertentu—jumlah dolar yang dipertukarkan. Produk dari harga transaksi dan jumlah transaksi, PT, sama dengan jumlah dolar yang dipertukarkan dalam setahun.

Sisi kiri persamaan kuantitas menyatakan uang yang digunakan untuk melakukan transaksi. M adalah kuantitas uang. V disebut perputaran uang transaksi (transactions velocity of money) dan mengukur tingkat di mana uang bersirkulasi dalam perekonomian. Dengan kata lain, perputaran menyatakan berapa kali uang berpindah tangan dalam periode waktu tertentu.

Misalnya, anggaplah 60 roti dijual dalam tahun tertentu seharga $0,50 per buah. Maka T sama dengan 60 roti per tahun dan P sama dengan $0,50 Per roti. jumlah uang total yang dipertukarkan adalah
PT = $0,50/roti x 60 roti/tahun = $30/tahun.

Sisi kanan dari persamaan kuantitas sama dengan $30 per tahun, yang merupakan nilai dollar dari seluruh transaksi.

Anggaplah jumlah uang dalam perekonomian adalah $10. Dengan mengatur kembali persamaan kuantitas, kita bisa menghitung perputaran sebagai
V = PT/M
= ($30/tahun)/($10)
= 3 kali per tahun.

Yaitu, karena transaksi sebesar $30 per tahun terjadi dengan uang sebesar $10, maka setiap dollar harus berpindah tangan 3 kali per tahun.

Persamaan kuantitas adalah sebuah identitas: definisi dari empat variabel membuat nilainya benar. Persamaan ini berguna karena menunjukkan bahwa jika satu dari variabel-variabel itu berubah, satu .atau lebih variabel lainnya juga harus berubah untuk menjaga kesamaan. Misalnya, jika kuantitas uang meningkat dan perputaran uang tidak berubah. maka baik harga atau jumlah transaksi harus meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget