Club Cooee

Selasa, 25 Oktober 2011

Menjaga Kesehatan Kulit, Kuku, Dan Kelamin

Kulit merupakan bagian tubuh manusia yang paling luar. Kulit berfungsi sebagai pelindung dan estetis. Bayangkan, jika tubuh kita terlihat otot dan organ-organ dalamnya, kita akan tam pak mengerikan. Lalu, bagaimana cara menjaga kulit (termasuk kelamin) agar tetap sehat, lembut, terawat, dan enak dipandang?

1. Mandi bersih

2. Tentang jerawat. Jaga kebersihan kulit muka dengan sering membilasnya dengan air bersih atau hangat (tidak perlu dengan sabun, yang akan menghilangkan mantel asam kulit muka). Boleh dengan lap halus dan bersih. Jika ada jerawat, jangan sering dipegang-pegang atau malah dikorek dengan kuku. Sebab, tangan dan kuku kita sering mengandung kotoran atau kuman sehingga jerawat bukannya hilang, melainkan malah luka dan terinfeksi. Untuk menangani jerawat, cukup bilas dengan air hangat. Berikan obat antijerawat yang mengandung benzoil peroksida. Kurangi makan makanan berlemak, memakai losion, atau tata rias yang berminyak. Mengelola emosi dengan baik juga membantu mencegah munculnya kembali jerawat. Hubungi dokter kulit jika jerawat tidak sembuh-sembuh.

3. Keringkan badan dengan baik sehabis mandi. Bagian tubuh yang basah dan lembap akan mudah terserang jamur, seperti panu atau kadas.

4. Kurangi ketebalan rambut daerah kemaluan dan rambut daerah ketiak untuk menghindari jamur. Rambut di daerah tersebut jika terlalu tebal dapat terkena gangguan jamur, seperti trikomikosis aksilaris yang menimbulkan gangguan kesehatan. Namun, hati-hati…mencukur rambut ketiak tidak perlu sampai terlalu bersih karena dapat menimbulkan luka. Karena di bawah ketiak banyak sekali terdapat kelenjar getah bening, luka tersebut dapat membuatnya terinfeksi/iritasi. Infeksi atau iritasi yang terjadi terus-menerus dikhawatirkan dapat menimbulkan kanker. Cukur dengan 10-15 tarikan pisau cukur, ketebalan rambut ketiak sudah sangat terkurangi, dan kemungkinan luka sangat kecil.

5. Taburi bedak bayi (bedak bayi adalah bedak yang paling aman untuk kulit karena tidak mengandung bahan-bahan yang iritatif atau berbahaya, seperti merkuri) pada daerah lipatan kulit yang lembap (tetapi jangan di vagina) untuk menyerap kelebihan keringat dan mencegah infeksi jamur.

6. Bersihkan vagina dan penis hanya dengan air bersih dan keringkan dengan sempurna. Jangan terlalu sering menggunakan antiseptik pembilas vagina (vaginal douche). Cukup 1 bulan 1 kali saja karena akan mengganggu keseimbangan kuman.

7. Bilas tangan dengan sabuh mandi (yang merupakan basa lunak) setelah menggunakan sabun cuci (yang merupakan basa kuat) agar kulit tidak bersisik.

8. Obati luka dengan baik. Prinsipnya jika terjadi luka, bersihkan dengan air hangat dan obati dengan obat luka/antiseptik agar tidak infeksi dan sembuh sempurna.

9. Jika terkena air panas atau mengalami luka bakar kecil, segera masuk-kan bagian tubuh tersebut dalam air dingin atau air es (bukan odol). Dengan langkah ini, biasanya luka bakar itu akan cepat sembuh dengan sempurna. Lalu, oleskan obat luka bakar atau bawa ke dokter.

10. Hindari banyak terpapar panas matahari pada pukul 13.00-15.00. Sinar matahari pada jam-jam tersebut mengandung banyak ultraviolet yang dapat menimbulkan kanker kulit.

11. Hindari kebiasaan mengerutkan kulit kening ketika berpikir, bersikap cemberut atau serius terus. Ini akan membuat kulit dahi selalu dalam keadaan berkerut dan kita akan tampak jauh lebih tua daripada umur sebenarnya (mau contoh? Lihat saja dahi George Bush,Presiden Amerika itu). Ternyata, membuat wajah kita awet muda adalah dengan menjaga sikap dan bukan dengan kosmetik. Wajah yang lebih banyak cemberut, terlalu serius akan tampak jauh lebih tua.

12. Rawat kuku Anda. Tidak perlu selalu ke salon untuk melakukan manicure atau pedicure yang mewah dalam merawat kuku Anda. Sebelumnya, rendam kuku dengan air hangat dan sabun, lalu bersihkan kotoran di bawah daerah kuku depan dengan hati-hati menggunakan gunting. Potong dan kikirlah kuku sampai di batas ujung daging jari tangan dan jangan terlalu pendek. Kuku yang dipotong terlalu pendek dapat menyebabkan cantengan atau infeksi kuku yang bernanah (abses) karena kuku tumbuh ke samping dan menusuk daging tangan. Bagi Anda yang ingin tetap bisa bermain gitar, boleh pelihara kuku kanan Anda cukup ± 2 mm dari ujung daging jari tangan.

13. Mencegah jamur kaki (athlete’s foot). Jamur ini menyerang daerah kaki, biasanya kulit jari kaki ke-4 dan ke-5, dengan ciri khasnya bau tidak enak dan gatal-gatal. Oleh karena itu, selalu gunakan alas kaki jika berjalan-jalan, basuh kaki Anda dengan sabun setiap kali habis bepergian, atau olahraga, cuci kaos kaki setiap kali setelah dipakai olahraga; jangan dipakai lebih dari satu hari. Juga gunakan sepatu yang mempunyai ventilasi, atau setidaknya sekali-kali lepaslah sepatu agar kaki Anda sempat bernapas.

14. Tentang kosmetika. Kosmetik, terutama diperlukan setiap hari oleh wanita untuk menambah penampilan menjadi lebih cantik dan menarik. Tetapi, berhati-hatilah karena salah dalam pemakaian kosmetika dapat terkena gangguan-gangguan, seperti melasma (flek hitam) dan kanker kulit. Gunakan kosmetika yang ramah kesehatan, di-buat dari bahan-bahan alami. Yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

a) Jangan menggunakan pemerah pipi jika bekerja banyak terkena sinar matahari atau di luar ruangan. Kombinasi ini akan meningkatkan kemungkinan terkena melasma (flek hitam).

b) Hati-hati menggunakan krim-krim pemutih, losion, yang dicurigai mengandung Rhodamin B, merkurium (Hg atau air raksa), mineral oil, petrolatum, D & C Red No.33, “PEG”, “eth”, imidazolidinyl urea, titanium dioxide, sodium laureth sulfate (SLES), lanolin, dan polyethylene. Zat kimia ini diduga kuat menjadi pemicu kanker kulit jika digunakan dalam jangka waktu lama. Prinsipnya, kulit yang gelap disebabkan pigmen melanositnya yang lebih banyak. Ini tidak bisa diputihkan seperti orang “bule” yang memang kulitnya putih. Digosok seperti apa pun, kulit tidak bisa menjadi lebih putih.

c) Hati-hati dengan lipstik Anda. Beberapa lipstik ditemukan mengandung Pb (nama lain adalah plumbinn, lead, timbal, atau timah hitam). Lead digunakan untuk membuat lipstik di bibir tahan dari pengoksidasian udara (oxidation) dan tahan air (waterproof. Cek lipstik Anda dengan cara berikut ini. Goreskan lipstik beberapa kali ke tangan.lalu, sapukan cincin emas 18 karat ke atas pada lapisan lipstik tadi. Jika warna lipstik berubah menjadi kusam atau kehitam-hitaman, kemungkinan besar lipstik mengandung lead yang berlebihan! Kalau emasnya yang pudar atau kehitaman, bahan lipstik itu mengandung air raksa/ Hg/merkurium!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget