Club Cooee

Jumat, 28 Oktober 2011

Hari Kiamat Pasti Akan Datang


Berita Tentang Hari Kiamat

“…Katakanlah : Bagimu ada hari yang telah dijanjikan (hari kiamat) yang tiada dapat kamu minta mundur daripadanya barang sesaat pun dan tidak (pula) kamu dapat meminta supaya diajukan’…” (Surat Saba’ (34) ayat 29-30)

Dalam agama Islam, berita tentang akan terjadinya hari kiamat dan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi setelahnya, seperti pertanyaan di dalam kubur, alam mahsyar, keindahan (kenyamanan) di surga, siksa neraka, dan lain sebagainya, termasuk berita-berita sam’iyat, yaitu berita-berita yang kita dengar dan wajib diimani. Sebagai orang yang menganut agama Islam (muslim), tentunya tidak dapat menolak berita-berita tersebut. Karena, semuanya itu telah diterangkan oleh wahyu Allah (al-Qur’an) dan Hadis-hadis Rasulullah saw.

Fenomena yang ada menunjukkan bahwa sejak dahulu sampai saat ini, manusia menyikapi kiamat dengan berbagai tanggapan. Sebagian ada yang langsung mempercayainya; sebagian ada yang setengah percaya; dan bahkan ada yang menolaknya. Secara historis, semenjak agama Islam muncul, orang-orang kafir menolak akan datangnya hari kiamat. Hal itu misalnya terlukis di dalam al-Quran Surat Saba’ (34) ayat 3:

“Dan orang-orang yang kafir berkata: ‘Hari berbangkit itu tidak akan datang kepada kami’. Katakanlah: Pasti datang, demi Tuhanku Yang mengetahui yang gaib, sesungguhnya kiamat itu pasti akan datang kepadamu. Tidak ada tersembunyi daripada-Nya seberat zarrah (atom) pun yang ada di langit dan yang ada di bumi dan tidak ada (pula) yang lebih kecil dari itu dan yang lebih besar, melainkan tersebut dalam Kitab yang nyata (Latch Mahficzh)’.”

Juga di dalam surat yang sama (Surat Saba’ (34) ayat 29-30:

“Dan mereka berkata: `Kapankah (datangnya) janji ini, jika kamu adalah orang-orang yang besar?’ Katakanlah: Bagimu ada hari’ yang telah dijanjikan (hari kiamat) yang tiada dapat kamu minta mundur daripadanya barang sesaat pun dan tidak (pula) kamu dapat meminta supaya diajukan’.”

Di samping itu, Allah juga telah menyatakan bahwa kiamat pasti akan datang/terjadi, seperti ungkapan yang terdapat di dalam Surat an-Nahl (16) ayat 1-2:

“Telah pasti datangnya ketetapan Allah (hari kiamat), maka janganlah kamu meminta agar disegerakan (datang)nya. Mahasuci Allah dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan. Dia menurunkan para malaikat dengan (membawa) wahyu dengan perintahNya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, yaitu: Peringatkanlah olehmu sekalian, bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku ‘.”

Tulisan sederhana ini menjelaskan sedikit hal yang terkait dengan hari kiamat, yang meliputi pengertian kiamat, nama-nama lain hari kiamat, macam-macam dan tanda-tandanya, dan hal-hal yang terkait dengan kejadian pasca hari kiamat, seperti alam kubur, kebangkitan, alam mahsyar, hisab (perhitungan dan penimbangan), pembalasan, dan bantahan terhadap hari kiamat yang didesas-desuskan terjadi pada 21 Desember 2012.

Kita harus meyakini bahwa kebenaran datang hanya dari Allah swt. yang bersumberkan al-Quran khususnya, yang betul-betul dapat dijamin kebenarannya daripada pendapat manusia biasa yang sifatnya masih relatif. Demikian juga informasi/keterangan (hadis) dari Nabi kita yang paling dicintai, yaitu Nabi Muhammad saw., nabi akhir zaman, sebagai Rasul (utusan) Allah, yang ajarannya akan diikuti oleh umatnya hingga akhir zaman nanti (sampai datangnya hari kiamat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget