Club Cooee

Jumat, 28 Oktober 2011

Komputer


Merakit Komputer Untuk Kebutuhan Pribadi

Sebelum kita merakit komputer ada baiknya untuk mengenal bagian-bagian dari komputer sebagai dasar pengetahuan dalam perakitan komputer. Bagian-bagian komputer terbagi atas tiga bagian, yaitu Hardware, Software dan Brainware. Bagian hardware adalah merupakan bagian perangkat keras yang bekerja sesuai dengan instruksi software. Software adalah suatu perangkat lunak yang berisi perintah-perintah atau program untuk mengoperasikan komputer, sedangkan yang disebut brainware adalah user atau orang yang menggunakan komputer.

Hardware
Komputer adalah merupakan kumpulan perangkat keras dalam satu unit komputer. Perangkat-perangkat penting dalam satu unit komputer tersebut adalah sebagai berikut:

Komponen Bagian dalam Komputer
- Mother Board/Main Board
Mother Board atau Main Board adalah tempat semua komponen atau device dipasang. Tingkat kebutuhan pada komputer sangat bervariasi namun pada umum-nya dapat dikelompokkan menjadi kebutuhan perorangan dan perkantoran. Jika Anda akan merakit komputer untuk
kebutuhan pribadi, misalnya untuk bermain game disarankan lebih baik memilih mainboard yang support terhadap audio, video grahics, dan RAM yang tinggi atau pilihlah mainboard yang memiliki slot VGA yang bagus dan memiliki chace memory boracl yang tinggi, karena komputer jenis ini segi hiburannya lebih ditonjolkan. Pemilihan jenis mainbord yang sesuai sangat penting, karena akan berpengaruh terhadap kinerja komponen lainnya.

- CPU
Central Processing Unit/ Processor adalah bagian ter-penting dari sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengontrol segala aktivitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan processor adalah Mega Hertz (MHz) atau Giga Hertz (GHz), 1 GHz = 1000 MHz, semakin besar
nilai Processing maka semakin cepat proses eksekusi pada sistem komputer.

- Memori
Memori adalah suatu perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpan data dan program. Kecepatan akses suatu memori mempunyai tingkatan-tingkatan, dari yang paling lambat sampai yang tercepat, tingkatan-tingkatan tersebut adalah sebagai berikut:

a. Register Memori
Yang dimaksud dengan Register Memori adalah jenis memori yang memiliki kecepatan akses paling cepat, memori jenis ini terdapat pada CPU/Processor.

b. Cache Memory
Cache Memory adalah jenis memori yang memiliki kapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama. Cache memory terbagi atas dua bagian yaitu:
-. Cache Memory yang terdapat pada internal processor. Chace memory jenis ini memiliki kecepatan akses sangat tinggi dengan harga yang relatif mahal.
- Cache Memory Eksternal, yaitu cache memory yang terdapat pada mainboard, meskipun tidak secepat cache memory jenis yang pertama cache memory eksternal memiliki kecepatan akses yang tinggi.

c. Memory Utama
Memori utama adalah jenis memori penyimpan data utama. Jenis-jenis memori utama yaitu:
1. ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca data atau programnya saga.

2. RAM (Random Accses Memory) yang ber-fungsi untuk mengubah data atau program yang tersimpan di dalamnya. Untuk meningkatkan kinerja suatu komputer peranan RAM sangat menentukan khususnya dalam kecepatan mengakses program sehingga dapat menjalankan lebih dari satu perintah program.

Pemakaian jenis RAM disesuaikan dengan mainboard yang Anda gunakan. Untuk mengetahui jenis memori yang mendukung dengan mainboard yang digunakan perhatikanlah bentuk slot memori pada mainboard. Bila slot yang Anda gunakan memiliki dua pembatas antar pin, berarti jenis RAM yang harus Anda pakai SD-RAM. Sebaliknya, bila hanya ada satu pembatas pin, maka gunakan jenis DDR-RAM.

d. Memori Sekunder
Memori Sekunder adalah beberapa memori tambahan yang berfungsi sebagai penyimpan data

atau program. Contohnya:

Hard Disk
Hard disk adalah media penyimpan data yang mempunyai kapasitas besar. Hard disk merupakan piranti penyimpanan sekunder di mana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada

piringan metal yang berputar yang ter-integrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari komputer ke piringan, hard disk menggunakan head Head

inilah yang selanjutnya bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track.

Jenis hard disk terbagi pada beberapa bagian, yaitu jenis ATA dan SATA. Hard disk jenis SATA memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis ATA, selain tidak perlu menyeting jumper, hard disk SATA mampu memiliki transfer data yang lebih cepat, jadi disarankan untuk memilih hard disk jenis ini.

- Input/Output Unit
Bagian ini merupakan bagian komputer yang ber-fungsi sebagai penerima atau pengeluaran data setelah diproses oleh processor. Bagian input/output unit terbagi atas Port I/Odan Peripheral I/O.

1. Port I/O adalah tempat dipasangnya konektor dari peralatan I/O, port—port tersebut adalah:

- Port paralel. Contoh penggunaannya adalah untuk memasukkan printer (mesin pencetak) dan scanner (mesin pemindai).
- Port Port Serial. Contoh penggunannya untuk memasukkan mouse, modem, dll.
- Port AT/PS2. contoh pengunaannya untuk memasukkan keybord atau mouse.
- Port VGA. adalah bagian port untuk memasukkan monitor.
- USB (Universal Serial Bus) Port. Contoh penggunannya adalah untuk memasukkan flashdisk, handphone, dll.
- Port Audio adalah port untuk masukkan audio. Contoh penggunannya adalah speaker aktif, microphone, radio, dll.

2. Peripheral
Yang dimaksud dengan Peripheral adalah sesuatu yang berhubungan dengan perlatan external pada komputer. Menurut fungsinya peripheral terbagi ke dalam dua kategori, yaitu kategori peralatan yang melaksanakan operasi input-output seperti tersebut pada port di atas, dan peralatan primer pada penyimpan data sekunder seperti hard disk dan optical disk.

- Disk Drive/Telop Disk
Disk drive adalah suatu media yang berfungsi sebagai penyimpan data eksternal. Seiring pesatnya teknologi penggunaan disk drive sudah mulai ditinggalkan karena kapasitas penyimpanannya sangat kecil, sekarang orang lebih cenderung memilih menyimpan data dalam bentuk CD atau flashdisk karena kapsitasnya lebih besar dibandingkan disket.

- CD ROOM/DVD ROOM Read/Write
Menurut Fungsinya CD ROOM/DVD ROOM dikelompokkan menjadi dua macam yaitu, CD/DVD-Read, CD/DVD room jenis ini hanya bisa digunakan untuk membaca data saja dan CD/DVD-Read / Write, jenis yang mampu membaca data juga bisa menulis atau menghapus data
dalam bentuk CD atau DVD. Saat ini CD drive sudah berkembang mencapai 56X, namun tidak ada perbedaan yang signifikan antara kecepatan pembacaan optic yang rendah dengan kecepatan
pembacaan yang tinggi, namun dalam hal kualitas gambar DVD memiliki kualitas lebih baik dan penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan dengan VCD.

Deskripsi CD dan DVD:
- Jika bertuliskan CD-R berarti hanya untuk membaca saja.
- CD-RW; untuk membaca, menulis dan menghapus. – DVD-R; untuk membaca data saja, baik CD,

VCD maupun DVD.
- DVD-RW; untuk membaca, menulis dan menghapus, baik CD, VCD maupun DVD.

- VGA (Virtual Graphic Adapter)
VGA adalah divice yang berfungsi mengolah data visual menjadi resolusi tinggi yang ditampilkan oleh monitor. Untuk para gammer pemilihan VGA sangat penting untuk mendapatkan tampilan se-riil mungkin, namun itu semua harus kita dapatkan dengan harga yang sangat mahal. Model VGA terbagi men-jadi dua tipe, yaitu tipe AGP dan PCI, yang menggunakan slot PCI biasanya terdapat pada mainboard komputer lama.

- Soundcard
Soundcard adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai media output audio, baik-buruknya output suara tergantung dari jenis soundcard-nya. Jenis soundcard di pasaran sangat beragam, semakin bagus suara yang dihasilkan semakin mahal pula harganya. Jika Anda penyuka musik pilihan, output suara menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan jenis dan harganya.

- Monitor
Yang dimaksud dengan monitor adalah bagian unit komputer yang berfungsi menampilkan visualisasi atau gambar pada komputer. Monitor memiliki beberapa jenis yang berbeda dari yang dua warna B/W, flat sampai jenis LCD. Bagi Anda yang memiliki anggaran yang besar Anda
bisa memilih monitor jenis LCD. Selain bentuknya ramping, juga memiliki tampilan gambar lebih bagus dengan resolusi tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget