Club Cooee

Jumat, 22 Juli 2011

Modus penipuan lewat email

Tidak dapat dipungkiri bahwa modus penipuan kini telah maju seiriing dengan perkembangan teknologi. Salah satunya adalah penipuan lewat email. Hal ini benar-benar terjadi karena teman dekat saya pernah tertipu ketika kami duduk di tingkat satu. Jika dulu sering ditemukan email lotere berbahasa inggris, sekarang ternyata mereka telah menggunakan bahasa Indonesia untuk menyesatkan orang awam yang baru mengenal email.

Di bawah ini adalah kutipan email yang saya terima dari seseorang yang bernama Mrs. Lilian Goldstraw.

“Dear pemenang nomor 7,

Mega lotere jutaan ingin menarik perhatian Anda ke alamat e_mail kenyataan bahwa Anda telah memenangkan 5,000.000.00 GBP (Lima Juta British Pound Sterling), yang terpilih sebagai salah satu dari tujuh pemenang lotere jackpot Mega Jutaan Lucky.

Untuk mengumpulkan uang Anda, men-download lampiran di atas dan ikuti instruksi.

Yours Sincerely,
Mrs. Lillian Goldstraw
Secretary.”

Dari gaya bahasanya juga sudah kelihatan bahwa surat tersebut diterjemahkan dengan translator. Kemudian si penipu ini mengirimkan dokumen yang harus dilengkapi. Di bawah ini adalah contoh dokumennya.

Jutaan mega hadiah dan bagaimana untuk mendapatkan (contoh dokumen)

Salah satu isi paragraf dari dokumen tersebut adalah:

KESELAMATAN: Untuk alasan keamanan, itu adalah ONLINE diprogram. Pada titik ini, setiap orang yang dekat dengan Anda dapat menggunakan rincian menang untuk mengklaim hadiah Anda. Jadi, kita nasihat semua pemenang untuk memenangkan informasi rahasia mereka dari masyarakat sampai klaim Anda sampai dokumen diproses dan hadiah uang Anda ditransfer kepada Anda.

(intinya gak boleh ngelapor POLISI!)

Biasanya mereka mengirimkan alamat email menggunakan email umum, bukan email perusahaan. Jadi, berhati-hatilah. Semoga tidak ada yang tertipu lagi seperti teman saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget