Club Cooee

Selasa, 05 Juli 2011

Komplikasi Diabetes.

Seperti yang sudah ditulis mengenai kencing manis atau Diabetes Mellitus, yaitu bagaimana cara memastikan sakit kencing manis, sekarang yang banyak menjadi pertanyaan atau semacam ketakutan adalah apakah sakit Diabetes ini dapat sembuh atau sakit terus seumur hidup?. Banyak pengobatan tradisional yang mengklaim dapat menyembuhkan sakit ini. Sebetulnya sekali seseorang didiagnosa DM (Diabetes Mellitus), maka sakit itu akan ada pada dirinya seumur hidup, berarti penyakit ini tidak bisa sembuh?, kalau dikatakan sembuh berarti penderita tersebut benar-benar bebas dari penyakit tersebut padahal bukan demikian, apabila kadar gula di dalam darahnya tidak dikontrol terus dengan diit dan berbagai obat maka akan semakin tinggi gulanya dan menimbulkan berbagai komplikasi, yang benar adalah bukan sembuh melainkan kadar gulanya dalam keadaan terkontrol.

Kemudian bagaimana atau apa yang terjadi bila tidak dikontrol kadar gulanya, penyakit ini akan semakin berkembang dengan pesat dan menyerang hampir semua organ tubuh dan mengakibatkan komplikasi.

Salah satu komplikasi yang mudah terjadi dan sering kali menyusahkan adalah komplikasi pada mata. Gangguan yang bisa terjadi adalah Retinopathy (rusaknya daerah penangkap gambar) dan Katarak (rusaknya lensa mata). Sekali mata ini terserang dia tidak akan bisa kembali pulih normal seperti asalnya. Trus bagaimana mengobatinya ?

Pengobatan pada komplikasi ini sifatnya hanya mencegah supaya kerusakan pada mata tidak memburuk dengan cepat atau dengan kata lain memperlambat timbulnya komplikasi.
Pada penderita yang mengalami komplikasi katarak masih ada harapan apabila mau dioperasi atau ganti lensa.

Komplikasi ringan lain yang sering timbul adalah rasa kesemutan atau baal (paraestesi) pada ujung-ujung jari kaki maupun jari tangan akibat gangguan/komplikasi pada saraf perifer. Atau bisa juga dengan timbulnya rasa gatal.

Komplikasi lain yang juga sering terjadi adalah sulitnya sembuh bila terjadi luka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget