Club Cooee

Kamis, 14 Juli 2011

Cerita Singkat tentang pasta

Pasta adalah makanan olahan yang berasal dari Italia. Pasta dibuat dari adonan campuran antara tepung terigu, air, telur dan garam. Dari adonan ini, pasta dibentuk menjadi banyak rupa. Pasta dapat dikatakan sebagainya ‘nasi’-nya orang Italia dan telah menjadi bagian penting dari hidup mereka. Sekarang ini, banyak sekali rumah makan baik Italia maupun bukan yang menyajikan pasta sebagai salah satu menu utamanya.

Pasta berasal dari bahasa Italia ‘pasta alimentare’ yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti luas, ‘pasta’ bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake. Dalam bahasa Italia, ‘pasta’ yang khusus sebagai pasta disebut pastasciutta.

Pasta dibuat dari tepung terigu semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu farina dan semolina, sehingga memiliki tekstur lebih lembut yang cocok untuk dijadikan hidangan seperti kaserol.

Di luar negara asalnya di Italia, pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering. Pasta kering dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusi yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak.

Pasta segar buatan rumah tangga dan restoran dibentuk dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus. Pasta segar memerlukan waktu masak yang lebih singkat, namun tidak tahan lama disimpan karena kadar airnya yang tinggi. Sedangkan pasta kering bisa tahan disimpan hingga tiga tahun atau lebih karena kandungan airnya yang rendah, sekitar 10 persen saja. Ada juga pasta yang sudah dimasak dan tinggal dipanaskan dengan oven microwave yang sering dijumpai di bagian makanan beku pasar swalayan.

Makanan mirip pasta banyak dijumpai di berbagai tempat di dunia sejak zaman dulu, terutama di wilayah dengan penduduk yang menjadikan gandum dan serealia sebagai makanan utama. Gandum yang sudah digiling sering dimasak sebagai bubur atau dihaluskan menjadi tepung dan dibuat roti. Pasta kemungkinan besar merupakan alternatif dari bubur atau roti, karena pasta merupakan makanan awetan yang dibuat tanpa perlu dimasak.

Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mie ditemukan pada hiasan makam orang Etruska di Italia Tengah yang berasal dari tahun 400 SM. Di Tiongkok, mie sudah dikenal sejak tahun 2000 SM berdasarkan hasil penggalian di situs Lajia (Tiongkok barat) yang terletak di tepi Sungai Kuning. Di bawah lapisan tanah yang tebal di situs penggalian yang sudah rusak akibat gempa bumi dan banjir ditemukan mie berwarna kuning dalam panci tanah liat yang terbalik. Panjang mie ini sekitar setengah meter dengan diameter 3 milimeter. Hasil analisis menunjukkan mie ini dibuat dari tepung biji milet.

Jenis pasta
Pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Di Italia terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru. Pasta yang berbentuk panjang seperti mie disebut spaghetti, variasinya yang lebih kurus disebut vermicelli, sedangkan variasinya yang lebih panjang dan pipih (seperti kwetiau) disebut linguine. Versi tebal dari linguine adalah fettucine.

Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama bentuknya dalam bahasa Italia. Pasta berbentuk pendek disebut penne (pena), sedangkan pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget