Club Cooee

Jumat, 29 Juli 2011

Kerjasama Harmonis Speed Reading Dengan Mind Mapping

Alhamdulillah, setelah bekerja keras week end minggu lalu, akhirnya saya berhasil menyelesaikan modul ketujuh atau modul terakhir buat member Kursus Membaca Cepat Online – Speed Reading for Smart People gelombang pertama. Ini adalah modul pamungkas di mana saya memadukan kemampuan membaca cepat dengan teknik mencatat aktif kreatif menggunakan mind map.

Modul ini merupakan modul tercepat yang saya buat dibandingkan modul-modul sebelumnya. Ini disebabkan gagasan modul tersebut menggunakan mind map yang pernah saya buat sebelumnya. Tantangan yang saya hadapi adalah bagaimana mengubah sebuah mind map menjadi animasi langkah demi langkah untuk memandu para peserta memahami proses pencatatan kreatif.

Mind Map pertama yang saya gunakan adalah “How Advertising Work”. Mind Map ini diambil dari catatan pribadi saya ketika kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1999. Saya merangkum bab pertama buku teks Advertising menjadi catatan
berikut:
How Advertising Works Hand Made
Anda mungkin bertanya, bagaimana cara membuatnya?

Pembuatan Mind Map seperti ini sebenarnya cukup mudah. Kita tinggal menetapkan judul utama dan memberi gambar. Selanjutnya membuat cabang-cabang utama yang menjadi pokok pikiran dilanjutkan dengan mengembangkan masing-masing cabang. Alhasil akan didapatkan mind map seperti ini. Mudah bukan?

Berikutnya saya juga mengajarkan bagaimana merangkum sebuah buku ke dalam selembar catatan. Tantangan dalam membuat catatan seperti ini adalah bagaimana kita memanfaatkan struktur buku sebagai cabang-cabang utama dan memanfaatkan sub pembahasan buku menjadi pengembangan dari mind map tersebut. Dalam video kursus saya menjelaskan tahapan ini langkah demi langkah mulai dari mengenali struktur buku, membuat judul mind map dan cabang utama, mengembangkan masing-masing cabang, dan terakhir membuat kaitan antara bagian yang satu dengan lainnya.
MindMap_TheUltimateBookOfMindMaps
Menarik bagaimana kita bisa menggabungkan speed reading dengan mind mapping. Meskipun seseorang telah menguasai kemampuan membaca yang cepat, namun jika tidak dibarengi dengan kemampuan mencatat yang efektif, maka tidak mudah mengulang kembali apa-apa yang pernah dibaca. Oleh karena itu, saya menutup kursus Membaca Cepat Online ini dengan memberi tools terakhir yakni bagaimana merangkum apa-apa yang sudah dibaca ke dalam catatan yang mudah diingat sepanjang masa.

Jika Anda tertarik untuk belajar bagaimana menggabungkan keahlian speed reading dan mind mapping, silakan mendaftar di VIP Notification List kursus ini karena saya akan segera membuka kembali kelas pelatihan Gelombang kedua pada akhir bulan ini.
mind map


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget