Club Cooee

Kamis, 23 Juni 2011

gangguan pada sistem peredaran darah

Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah
Adanya gangguan pada peredaran darah memang sangat mengganggu, hal ini sering kali menjadikan kondisi tubuh kurang bahkan tidak fit. Akibatnya kegiatan manusia menjadi terganggu.

Beberapa gangguan pada sistem peredaran darah disebabkan oleh faktor keturunan, kerusakan atau makanan. Beberapa gangguan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Penyakit jantung dapat disebabkan oleh gangguan pada pembuluh darah koroner yang ada di jantung. Gangguan tersebut dapat disebabkan oleh terjadinya penggumpalan darah atau gas di dalam pembuluh darah koroner. Akibatnya, kerja jantung menjadi terhenti.
2. Penyumbatan pembuluh balik, penyakit ini mengakibatkan lambatnya aliran darah hingga akhirnya aliran darah pada pembuluh balik menjadi terhambat. Salah satu penyebabnya adalah penimbunan dan pengendapan lemak kolesterol yang ada pada dinding pembuluh balik.
3. Kurang darah (anemia) seringkali diartikan kurangnya jumlah darah. Sebenarnya, kurang darah disebabkan jumlah hemoglobinnya(HB) kurang mengandung zat besi. Kurangnya sel darah merah dapat disebabkan oleh infeksi malaria atau cacing tambang.
4. Hipertensi (tekanan darah tinggi) disebabkan tekanan darahnya melebihi batas normal (lebih dari 140/90 mmHg). Penderita hipertensi biasanya ditandai dengan sulit tidur, mudah marah, serta cepat lelah. Penyakit ini umumnya diakibatkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak.
5. Leukimia (kanker darah) disebabkan oleh jumlah sel darah putih yang terlalu banyak sehingga sel darah putih memakan sel-sel darah merah.

Agar anda terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu sistem peredaran darah, disarankan memakan makanan yang seimbang, tidak berlebihan, mengurangi makanan yang berlemak dari hewan (lemak hewani), menjaga berat badan yang sesuai dengan umur dan tinggi badan, serta rajin-rajinlah anda berolahraga secara rutin.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

footer widget