Club Cooee

Kamis, 30 Juni 2011

Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak

Motivasi belajar kayaknya merupakan modal pokok untuk dapat meraih sukses dalam belajar. Banyak cara untuk dapat mendapatkanmotivasi ini, namun inilah mungkin yang paling menentukan yakni modal motivasi dari orang tua. Oleh karena itu selanjutnya akan dibahas mengenai Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak.

Oh ya, untuk kawan pembaca setia blog ini jika kawan ingin memiliki informasi menarik maka klik ads/iklan di atas atau di pinggir dan jika kawan benar-benar ikhlas maka silahkan klik ads/iklan di atas atau di pinggir ini. Bukan paksaan lho...! Ga juga ga apa karena harus ikhlas. Terima kasih

Inilah selengkapnya mengenai Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak

Keluarga adalah factor utama dalam membentuk kepribadian anak. Orang tua memiliki andil paling besar dalam mengarahkan dan membimbing anak agar kecerdasan emosional anak dapat terasah.

Pendidikan emosional dalam keluarga, selayaknya diberikan oleh orang tua secara berkesinambungan. Seperti memberikan kasih sayang, perhatian, bimbingan dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan membentuk kecerdasan emosional.

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak termasuk dalam pembelajaran. Orang tua di nilai memiliki kemampuan untuk mempengaruhi motivasi belajar siswa. Oleh karena merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan bahwa motivasi belajar juga dapat dipengaruhi oleh sikap orang tua di lingkungan keluarga.

Di lingkungan keluarga anak akan merasakan lebih lepas dari pada di sekolah, anak bebas dalam gerak-gerik, makan, minum, tertawa, main, tidur dan bekerja asal anak itu tidak melanggar adat kesopanan atau adat istiadat yang berlaku pada keluarga itu.

Sedangkan di sekolah dalam kehidupan dan pergaulan akan lebih bersikap zakelizik dan lebih luas karena disekolah terdapat peraturan yang dijalankan baik oleh siswa maupun guru.

Suasana di lingkungan keluarga dan konsep pendidikan yang telah diajarkan oleh keluarga, memiliki peran yang tidak kalah penting bagi anak. Anak terkadang tidak memiliki motivasi untuk belajar manakala tidak ada perhatian dari orang tua.

Dan sebaliknya bahwa perhatian yang diberikan orang tua dalam lingkungan keluarga akan berdampak pada hal positif yakni memberikan motivasi yang lebih dalam lagi maknanya. Eksistensi dalam cara sikap orang tua dalam mendidik aspek emosi sangat diperlukan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa Anak yang selalu diberi perhatian, bimbingan dan kasih sayang oleh orang tua akan memiliki kecenderungan bersemangat dalam belajar.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

footer widget