Club Cooee

Rabu, 22 Juni 2011

Tips mencegah tulang keropos

Kebiasaan tertentu dapat membuat tulang menjadi rapuh dan keropos. Penyakit akibat kepadatan tulang yang rendah adalah osteoporosis dan kebanyakan dialami kaum wanita.

Ada 3 faktor yang menyebabkan osteoporosis, yaitu kurang olahraga, pemilihan makanan yang salah serta kurangnya paparan sinar matahari. Ada beberapa hal yang harus dihindari bila ingin tulang Anda tidak cepat keropos.

Apa saja? Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari agar tulang tak cepat keropos:

Tips Mencegah Tulang Keropos


1. Minuman Bersoda. Minuman bersoda banyak mengandung asam fosfat yang meningkatkan laju ekskresi kalsium melalui urin. Selain itu, banyak konsumen minuman bersoda cenderung menghindari minuman kaya kalsium, seperti susu atau jeruk yang diperkaya vitamin D, sehingga menurunkan asupan kalsium

2. Garam. Garam atau lebih spesifik natrium (sodium) menyebabkan hilangnya kalsium, melemahnya tulang dari waktu ke waktu. Menurut para ahli, Anda akan kehilangan 4 miligram kalsium dalam urin untuk setiap 2.300 miligram natrium. Dalam penelitian yang dilakukan pada wanita menopause ditemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi diet tinggi natrium, akan kehilangan mineral tulang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Tips Mencegah Tulang Keropos
3. Kafein. Wedish Department of Toxicology’s National Food Administration melakukan penelitian yang dilakukan pada 31.527 wanita Swedia, yang berusia antara 40 sampai 76 tahun, yang minum tidak kurang dari 330 miligram kafein atau setara 4 cangkir kopi per hari. Penelitian menunjukkan bahwa mereka lebih rentan terhadap patah tulang.

4. Alkohol. Orang yang kebanyakan mengonsumsi alkohol lebih rentan terhadap berkurangnya kepadatan tulang, karena alkohol menghambat penyerapan vitamin D dan kalsium yang paling penting untuk pertumbuhan tulang yang kuat.

Tips Mencegah Tulang Keropos
5. Vitamin A. Susu adalah makanan penting yang memasok tubuh dengan vitamin A yang diperlukan dan kalsium penting untuk pertumbuhan tulang. Tapi bila asupan vitamin A berlebihan, hal tersebut justru dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang. Vitamin A mengandung retinol yang akan menghambat penyerapan vitamin D oleh tulang. Makan tinggi vitamin A ditemukan dalam produk hewan seperti hati dan kuning telor.

6. Minyak Terhidrogenasi. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin K akan hancur ketika minyak nabati cair bisa dikonversi ke dalam minyak padat dengan proses hidrogenasi. Vitamin K dibutuhkan agar tulang kuat dan untuk membantu penyerapan kalsium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget