Club Cooee

Jumat, 09 Desember 2011

Jika elegansi yang menjadi tujuan korporasi untuk terus dijunjung tinggi dan dijadikan destinasi investasi, cara-cara promosi murahan dengan SMS-blast itu sudah harus ditinggalkan. Masih banyak strategi komunikasi lainnya yang akan membuat calon konsumen mengapresiasi dan menjadi nasabah lembaga keuangan tersebut.


Misalnya dengan membuat gathering bersama calon konsumen dengan menghadirkan narasumber atau pembicara yang berkualitas (tidak harus berkaitan dengan dunia perbankan atau keuangan). Pembicara ini bisa menjadi daya tarik calon konsumen untuk hadir di acara itu. Di sela-sela pemaparan materi dari pembicara yang pastinya dipilih dengan baik agar bisa menarik minat umum dan sedang trendy, bisa disisipkan materi promosi korporasi dengan presenter yang terlatih baik.
Presenter yang menguasai teknik komunikasi yang baik akan mampu menarik minat peserta pertemuan (gathering). Jika promosi dilakukan dengan menarik, ia bahkan bisa mengalahkan materi utama pembicara. Materi pembicara bisa menjadi pembahasan kedua setelah selesai dari pertemuan itu. Ini jauh lebih efektif dan elegan serta bernilai tambah besar. Apalagi disertai pemberian suvenir dan promosi khusus bila peserta gathering membuka rekening atau mengambil kredit atau apa pun itu pada hari yang sama. Hasilnya pasti jauh lebih menguntungkan secara nama mau pun laba.


Memang, hal ini harus dilakukan secara periodik dan diperlukan persiapan sarana, tenaga dan dana yang lebih besar. Namun, cara promosi seperti ini akan lebih menarik simpati dan empati para calon konsumen. Mereka akan membicarakan hal itu di ruang-ruang pertemuan dan keluarga. Dan, muatan pembicaraan tidak lagi bersifat negatif atau destruktif. Semuanya akan saling berbagi secara positif. Keunggulan produk bank bersangkutan dan manfaatnya. Termasuk juga elegansi komunikasi bank bersangkutan. Sekali mendayung, dua tiga pula terlampaui. Kepuasan psikologis tercapai karena harumnya nama di benak konsumen dan kepuasan fisiologis terpenuhi karena penambahan nasabah.


Inilah salah satu cara dari ribuan strategi yang bisa dicoba oleh korporasi. Jadi, mulai hari ini, berpikirlah bijak demi jangka panjang agar keuntungan bisa diraup berkali-kali daripada berpikir sempit yang membuat korporasi semakin sulit di masa kini dan nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget