Club Cooee

Rabu, 04 Januari 2012

Mengatasi Masalah Secara Bijak

Seperti manusia biasa, sayapun sering menghadapi beraneka ragam masalah, mulai di rumah, kuliah, ataupun keluarga. Hal ini sering membuat saya frustrasi bahkan depresi, namun seiring berjalannya waktu, sayapun berusaha untuk menghadapi segala masalah yang ada secara bijak. Saya tidak boleh menghindari masalah bahkan melupakannya merupakan hal yang justru akan merusak aspek psikologis saya. Pengalaman ini sering saya rasakan selama duduk di bangku sekolah, khususnya SMA. Kondisi fisik dan mental yang masih labil membuat saya mudah emosi yang menimbulkan goncangan mental pada saya. Kondisi lingkungan yang menuntut sesuatu dalam tingkat tinggi, ditambah dukungan keluarga yang kurang memadai, membuat goncangan ini semakin menjadi - jadi. Namun seiring pertambahan umur membuat sayapun dituntut untuk menyikapi segala masalah yang ada secara lebih arif. Manusia tidak terlepas dari berbagai macam masalah selama hidupnya, karena setiap masalah yang datang membuat manusia menjadi makhluk yang baik dan semakin baik lagi. Masalah tidak akan membuat diri terpuruk justru sebaliknya, di dalam setiap masalah yang dapat terselesaikan akan membuat kualitas diri semakin maju selangkah dan selangkah lebih baik lagi.

Di bawah ini, akan saya sebutkan beberapa solusi dalam mengatasi masalah menurut pengalaman yang pernah saya alami :

1. Tetaplah bersikap tenang agar dapat berpikir dengan jernih.

2. Biasakan mencari pemecahan masalah sampai selesai, jangan menunda - nunda waktu, karena akan menjadi beban pikiran nantinya, sehinnga aktivitaspun akan terganggu.

3. Jangan melarikan diri / lepas tangan dari masalah karena dapat memberikan dampak buruk bagi diri sendiri yaitu menjadi seseorang yang sulit dipercaya / tidak bertanggung jawab / lepas tanggung jawab.

4. Jika masalah sudah terasa begitu berat, mintalah pendapat yang terbaik ataupun sekadar saran dari orang - orang terdekat yang dapat dipercaya.

5. Jangan suka memendam permasalahan, tuntaskanlah masalah hingga terselesaikan semua, ini mencegah kita dari efek psikologis buruk yang berkepanjangan, seperti traumatik, stres, depresi, dan lain sebagainya.

6. Pandanglah masalah dari segi positifnya, karena segala masalah pasti ada jalan keluarnya, dan percayalah pasti Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan hambanya, dan pasti selalu ada hikmah yang dapat dipetik dari segala permasalahan yang sedang dihadapi.

Demikian solusi yang saya berikan, semoga bermanfaat. Keep trying.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget