Ketika kita bekerja, tiba-tiba muncul perasaan jenuh atau merasa menyebalkan ketika merasakan mendapatkan beban atau tekanan kerja, mungkin kita merasa customer atau client yang minta macam-macam, atau bos kita bersikap yang menjengkelkan kepada kita tidak puas kerja kita, dan sebagainya. Dan kita merasakan hal itu terjadi belakangan ini, mungkin itu adalah pertanda burnout atau kejenuhan (yang disebabkan oleh stress). Bagaimana atasi kejenuhan ketika bekerja itu? dibawah ini ada beberapa aktifitas yang bisa mengatasi kejenuhan tersebut;
1. Bicarakan/Sharing dengan rekan terdekat kita
Kehidupan di zaman ini khususnya hidup di kota metropolitan sering menyebabkan orang menjadi indivualis, cobalah untuk berkumpul bersama dengan rekan-rekan kerja kita, misal makan siang bersama atau “hang-out” bersama teman kita. Mungkin dengan sering bersama-sama, kita bisa ngobrol atau berbicara dengan santai dan bahkan mungkin bisa menemukan solusi masalah. Mungkin masalah yang kita hadapai pernah dialami juga oleh rekan kerja.
2. Merenungi
Semakin lama kita bekerja dan semakin banyak beban, semakin mudah kita terserang stres. Agar kita dapat mengatasinya, selalu bawa note atau catat di handphone/PDA setiap ada kejadian-kejadian yang membuat kita stress sepanjang hari. Selanjutnya ketika sampai di rumah atau malam hari, coba kita duduk dan renungkan hal-hal yang terjadi pada hari itu selama 5 hingga 15 menit.
3. Konsultasi Professional
Jika kita merasa tidak mendapat cara-cara efektif untuk mengatasi masalah kita, sebaiknya kita menemui psikolog atau konselor yang memiliki kemampuan didalam mengatasi hal-hal seperti ini.
4. Kesalahan kecil
Berbuat salah bukanlah hal yang menyebabkan dunia kiamat, jadi jangan merasa ragu-ragu. Adakalanya sesekali kita berbuat kesalahan dalam bekerja (tetapi bukan dalam hal pekerjaan yang penting) yang mungkin bisa menyebabkan orang lain melihat kita lucu atau bodoh. Tetapi hal ini secara tidak langsung dapat merangsang kreativitas dan imajinasi kita dalam bekerja dan tantangan baru pun terjadi.
5. Nikmati kehidupan diluar pekerjaan
Kehidupan pribadi adalah kebutuhan kita, jangan campuradukan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi kita. Ketika kita mempunyai waktu senggang/libur, manfaatkan hal itu dengan sebaik-baiknya, misal mengisi waktu dengan rekreasi keluarga, dan sebagainya. Sehingga ketika kembali bekerja, kita akan bugar dan kembali bersemangat untuk memulai pekerjaan.
6. Kenali Stres Kita, pekerjaan atau hal yang lain?
Kenali penyebab dari stres tersebut, apakah karena tekanan di kantor atau ada masalah di rumah yang belum terselesaikan. Dengan mengenali penyebabnya maka makin mudah kita mencari penyelesainnya.
7. Mengenali diri kita sendiri
Coba kenali diri kita, apa dan bagaimana kita dalam bereaksi ketika dalam tekanan. Agar kita dapat mengetahuinya, coba tanyakan kepada orang-orang yang telah mengenal kita. Perlu diingat bahwa tiada masalah yang tidak dapat diselesaikan, jangan putus asa.
Semoga tulisan ini bermanfaat dan berguna bagi kita, yang mungkin hampir tiap hari mengalami tekanan. Happy Weekend.
Source : http://www.f-buzz.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar