Club Cooee

Kamis, 12 April 2012

Gempa 8,5 SR, PMI Pantau Pesisir Pantai Aceh

JAKARTA - Pasca gempa 8,5 SR di wilayah Sumatera, Rabu (11/4/2012) sore, PMI Provinsi Aceh mengerahkan relawannya untuk memantau pesisir pantai di Ulele, Alue Naga, Calang, dan Dermaga Aceh. Termasuk memobilisasi posko PMI keliling sepanjang sore hingga malam tadi.

"Respon langsung dilakukan oleh PMI Provinsi Aceh sejak sore hingga malam tadi. Kami kerahkan personil relawan PMI untuk pantau pesisir pantai Ulele, Alue Naga, Calang, dan Dermaga Aceh dari dataran yang lebih tinggi,” jelas Kepala Markas PMI Provinsi Aceh Khairil dalam keterangan pers yang diterima okezone, Rabu (11/4/2012).

Ditambahkannya, relawan membantu menenangkan masyarakat yang panik dan memandu mereka berjalan ke dataran yang lebih tinggi setelah terdengar bunyi sirine peringatan dini tsunami tadi dari Kantor Gubernur di Aceh. “Kami memandu warga melalui sarana posko PMI keliling,” jelas Khairil.

Lebih detail ia memaparkan, para warga dipandu oleh para relawan PMI ke lokasi yang lebih tinggi, yaitu Bandara Blang Bintang, Mata'i, Lambaro Cafe, dan Masjid Baiturrahman.

Selama warga masih di lokasi tersebut, rumah-rumah mereka ditinggalkan dalam kondisi kosong. "Kami juga bantu untuk mengawasi dan ronda ke wilayah rumah warga yang ditinggalkan begitu saja dalam kondisi kosong tanpa penghuni," tambahnya.

Terkait kondisi terkini di Aceh, dia melaporkan bahwa sebagian wilayah di Aceh masih gelap gulita karena aliran listrik masih diputus. Koneksi internet juga masih terhambat.Tim relawan PMI tetap siaga untuk pantau kondisi pascagempa di Aceh.

(sus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget