Club Cooee

Kamis, 01 Maret 2012

Antara Sabar dan Keluhan

Ketika cobaan atau musibah tiba, cukup susah untuk membedakan antara sabar dan keluhan ketika kita menyampaikan kejadian tersebut kepada seseorang, misal kepada isteri/suami kita, atau kawan kita. Ketika kita menceritakan kejadian tersebut, seolah-olah kita sabar tetapi malah berupa keluhan.

Sebenarnya banyak sekali definisi sabar, tapi kita coba membahas beberapa saja, salah satu definisi sabar adalah menyatukan antara pikiran dan badan kita didalam tempat yang sama. Jadi ketika ada sesuatu yang menimpah kita, kita cuma menikmatinya saja, badan dan pikiran kita memang ada disitu. Misal ketika kita sedang berpergian ke tempat kerja dan ada kemacetan, jika badan dan pikiran kita berbeda tempat tentu yang ada rasakan ketidaksabaran “hhmm kalau saja saya tidak berangkat jam segini tentu tidak macet” padahal badan anda saat ini sedang di dalam mobil yang alami kemacetan lalu lintas.

Orang yang sabar merupakan orang yang bertumpu pada proses dan menikmati semua proses tersebut. Sehingga sabar juga merupakan ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan emosi. Orang yang sabar itu mampu didalam mengendalikan dirinya dan menunda respon yang bersifat jangka pendek untuk mendapatkan kenikmatan jangka panjang.

Sedangkan keluhan merupakan kesulitan didalam menerima sesuatu yang terjadi, penolakan terhadap sesuatu hal pada diri kita. Ketika ada kemacetan seperti pada contoh diatas, kita merasa badan dan pikiran tidak berada dalam satu tempat sehingga timbul rasa mengeluh, keluhan dan akhirnya kita pun tidak menikmati “proses” tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget