Club Cooee

Kamis, 01 Maret 2012

5 Hal Penyebab Mata Cepat Letih

Mata merupakan salah satu panca indera yang perlu perhatian lebih didalam menjaganya. Dan ada kalanya ketika bekerja atau beraktifitas, mata kita merasa seperti letih. Ada lima penyebab mata kita menjadi lebih cepat letih sehingga menganggu penglihatan.
Berikut ini 5 hal penyebab mata cepat letih sehingga kita bisa mengantisipasinya dan kita tetap ‘bugar’ beraktifitas sepanjang hari.
1. Jarang berkedip
Ketika seseorang kurang berkedip, hal itu dapat menyebabkan mata kekeringan. Sehingga kita sebaiknya berhenti/rehat sebentar di sela-sela aktivitas kita untuk mengurangi / tidak terlalu fokus didalam melakukan tugas yang berterusan.
2. Pencahayaan yang kurang baik
Terlalu terang atau gelap akan mempengaruhi otot sphincter dan dilatory untuk bekerja lebih. Hal ini akan menyebabkan mata kita terasa lebih cepat letih.
3. Fokus berlebihan
Ketika kita terlalu fokus didalam membaca, bekerja didepan layar komputer, atau aktifitas yang lain, hal itu sebenarnya ‘memaksa’ otot mata kita untuk bekerja lebih keras. Dan akhirnya kita akan merasa cepat ngantuk dan mata terasa letih. Sebaiknya di sela-sela aktifitas itu, kita melihat tumbuhan-tumbuhan hijau untuk menyegarkan mata sebelum melanjutkan aktivitas.
4. Bekerja berlebihan
Mengistirahatkan mata sebaiknya tidak dengan membuka website, menonton TV atau filem, atau bermain dengan gadget seperti tablet. Karena hal itu sama saja menyebabkan mata untuk bekerja lebih lama.
5. Permasalahan pada mata
Selain hal diatas, mata cepat letih juga dapat disebabkan oleh mata itu sendiri karena ada sesuatu masalah. Anda sebaiknya segera berjumpa dengan dokter mata, pencegahan iu lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer widget